Diwakili Kabaharkam Fadil Imran, Komisi III DPR RI Pertanyakan Absennya Kapolri di Rapat Pengamanan Pemilu 2024

| 15 Nov 2023 14:40
Diwakili Kabaharkam Fadil Imran, Komisi III DPR RI Pertanyakan Absennya Kapolri di Rapat Pengamanan Pemilu 2024
Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan. (Antara)

ERA.id - Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja dengan Polri membahas pengamanan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Namun Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit tak menghadiri rapat tersebut.

Kapolri diwakili Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Mohammad Fadil Imran.

Ketidakhadiran Kapolri mendapat sorotan dari komisi hukum. Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan lantas mempertanyakan alasan absennya Kapolri.

"Saya ingin penjelasan dulu dari suadara ketua. Untuk acara yang begini penting, kenapa yang datang Kabaharkam? Harusnya Kapolri yang datang," kata Trimedya di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dia mengatakan, ini baru pertama kali dilihatnya seorang Kapolri absen menghadiri rapat soal pengamanan pemilu. Terlebih suhu politik sudah semakin panas jelas Pemilu 2024.

Politisi PDI Perjuangan itu lantas membandingkan dengan Panglima TNI yang selalu menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR RI.

Trimedya lantas mengusulkan supaya rapat ditunda. Lalu, mengagendakan di waktu lain saat Kapolri dapat hadir.

"Di DPR kalau mau pemilu, tidak pernah Polri diwakilkan. Kok istimewa sekali Kapolri sekarang diwakilkan. Kecuali saudara ketua menyampaikan akan ada rapat lagi dengan Kapolri menjeleng Pemilu," ujar Trimedya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto meminta untuk mendengarkan terlebih dahulu penjelasan dari Kabaharkam dan memungkinkan rapat dengan Kapolri pada agenda berikutnya.

"Justru dalam hal ini kita akan dengarkan detailnya dari pengamanan dulu setelah itu nanti kita akan adakan rapat dengan Pak Kapolri. Jadi akan ada sebelum Pemilu nanti akan kita lakukan rapat lagi dengan Pak Kapolri ya," kata Bambang.

Rekomendasi