Dapat Nomor Urut 3 di Pilpres 2024, Ganjar: Sesuai Sila Ketiga, Persatuan Indonesia

| 14 Nov 2023 23:39
Dapat Nomor Urut 3 di Pilpres 2024, Ganjar: Sesuai Sila Ketiga, Persatuan Indonesia
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut tiga dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ganjar menyatakan nomor urut tiga itu telah sesuai dengan sila ketiga dalam Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

"Jadi kita mendapatkan nomor urut tiga itu pas, sesuai dengan sila ketiga, persatuan Indonesia," ucap Ganjar yang disambut riuh pendukungnya sesuai pengambilan pengundian nomor urut capres dan cawapres untuk Pilpres 2024 di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023) malam.

Ganjar menyatakan persatuan Indonesia harus diimementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam konteks Pilpres 2024.

"Kita satukan semuanya dalam proses politik yang menggembirakan. Itulah seharusnya kegembiraan yang seharusnya kita dapatkan," tegas mantan gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut.

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengumumkan hasil pengambilan nomor urut capres dan cawapres. Ganjar mendapatkan nomor urut tiga. Sementara dua pasangan lainnya, Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar nomor urut satu, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua.

"Nomor urut tiga, pasangan calon Bapak H. Ganjar Pranowo dan Bapak H. Mahfud," kata Hasyim.

Sebelum mengambil nomor urut, cawapres dari kedua kubu mengambil nomor undian. Pengambilan nomor antrean ini sesuai dengan waktu pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres yang waktu itu dilaksanakan tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober 2023.

Diketahui, Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Rekomendasi