Giliran PPP Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Sinyal Merapat?

| 22 Mar 2024 12:46
Giliran PPP Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Sinyal Merapat?
Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono. (Antara)

ERA.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) secara resmi mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Pabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono dalam rapat pengurus harian ke-21 DPP PPP di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Kamis (21/3) malam.

"Atas nama keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan kami mengucapkan selamat kepada bapak H.Prabowo Subianto dan bapak Gibran Rakabuming Raka yang telah mendapatkan suara tertinggi hasil pemilihan presiden dan wakil presiden berdasarkan hasil rekapitulasi suara nasional Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia pada tanggal 20 Maret 2024," ujar Mardiono dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

Mardiono dan segenap keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan  turut mendoakan agar hasil Pilpres ini adalah yang terbaik bagi Indonesia.

"Semoga hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ini merupakan yang terbaik untuk bangsa, negara dan rakyat Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Mardiono mengaku, PPP juga memfinalisasi persiapan gugatan sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Seperti diketahui perolehan suara PPP pada hasil rekapitulasi KPU RI ialah sebesar 5.878.777 suara atau sebesar 3,87 persen, jumlah ini berbeda dari hasil perhitungan internal PPP sebesar 4,04 persen.

Selain penyiapan dokumen gugatan, turut hadir pula berkoordinasi intensif dengan DPP PPP sejumlah tim hukum yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi sesuai tenggat waktu yang ditetapkan.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," kata Surya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (20/3) malam.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumimg Raka sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Prabowo-Gibran mengantongi suara tertinggi sebesar 96.214.691 suara.

Ketetapan itu diumumkan dalam Rapat Pleno Terbuka di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (20/3).

"Memutuskan, menetapkan Keputusan KPU tentang pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024. Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 96.214.691 suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar mendapat 40.971.926 suara.

Sedangan pasangan calon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya memperoleh suara 27.041.878.

Total suara sah Pilpres 2024 secara nasional mencapai 164.227.475 suara.

Rekomendasi