Firli Bahuri Penuhi Panggilan Pemeriksaan Kasus Pemerasan Eks Mentan SYL di Lantai 6 Bareskrim Polri

| 16 Nov 2023 10:10
Firli Bahuri Penuhi Panggilan Pemeriksaan Kasus Pemerasan Eks Mentan SYL di Lantai 6 Bareskrim Polri
Ketua KPK Firli Bahuri. (Antara)

ERA.id - Ketua KPK, Firli Bahuri sudah tiba di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Kamis (16/11/2023) hari ini.

"Saat ini sudah hadir dan dalam proses dimintai keterangan di lantai 6 ruang pemeriksaan Dittipipkor," kata Wadirtipkor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa kepada wartawan, Kamis (16/11/2023).

Pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar juga membenarkan kliennya sudah hadir memenuhi panggilan. Namun saat ditanya pukul berapa Ketua KPK ini tiba di Bareskrim Polri, tak dijelaskannya.

Firli diperkirakan datang ke Bareskrim Polri diam-diam dan menghindari awak media yang telah menunggunya. Sebab, jurnalis tak menemukan batang hidung Ketua KPK ini.

Sebelumnya, Firli Bahuri membantah bila disebut mangkir dari pemanggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (14/11) lalu.

"Kalau dibilang mangkir nggak pernah mangkir sih. Kenapa saya katakan tidak mangkir? Karena ketidakhadiran kita beri surat, Kepala Biro Hukum, pendamping KPK datang ke Polda Metro, jadi tidak pernah itu mangkir," kata Firli di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (14/11).

Purnawirawan Polri ini menjelaskan KPK selalu berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri dalam menelusuri kasus dugaan pemerasan ini. Firli menerangkan dirinya tak dapat penuhi panggilan karena dipanggil Dewas KPK.

"Kita sampaikan bahwa saya akan hadir hari ini di Dewas, tetapi Dewas memberi tahu ke kami tadi pagi, ada surat resmi ke kita bahwa hari ini Dewas rupanya ada kegiatan lain di Yogya kalau nggak salah. Ini ada suratnya," ucapnya.

Rekomendasi