Tak Masalah Perubahan Format Debat Pilpres 2024, Mahfud MD: Namanya Calon Pemimpin Harus Siap

| 02 Dec 2023 08:45
Tak Masalah Perubahan Format Debat Pilpres 2024, Mahfud MD: Namanya Calon Pemimpin Harus Siap
Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD tak mempermasalahkan format debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia mengaku siap menjalani debat bagaimana pun konsepnya.

"Saya siap debat khusus maupun tidak khusus, namanya calon pemimpin harus siap," kata Mahfud di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Dia mengatakann tak punya hak untuk memprotes format debat. Sebab hal itu merupakan kewenangan KPU sebagai penyelenggara.

"Kalau ditiadakan atau tidak diadakan ya terserah KPU saja kan mereka yang atur. Kalau saya siap aja," ucap Menko Polhukam itu.

Diberitakan sebelumnya, KPU RI mengubah format debat Pilpres 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, dalam lima kali debat, seluruh kandidat akan hadir bersamaan. Namun, porsi bicaranya saja yang dibedakan.

Format ini berbeda dengan debat Pilpres 2019. Di mana dalam lima kali debat dibagi menjadi tiga kali debat khusus capres, dan dua kali debat khusus untuk cawapres.

Sedangkan pada Pilpres 2024, tidak ada pemisahan tersebut. Namun disediakan sesi khusus untuk cawapres mengadu ide dan gagasan.

Nantinya, kata Hasyim, saat para cawapres adu gagasan akan didampingi capresnya masing-masing.

"Pada saat debat capres, maka proporsinya capres untuk bicara lebih banyak. Ketika debat cawapres, proposinya untuk cawapres (berbicara) lebih banyak," papar Hasyim.

Rekomendasi