Beredar Video Diduga Pendaki Gunung Marapi Terjebak Erupsi Minta Dievakuasi, Begini Kondisinya

| 03 Dec 2023 22:34
Beredar Video Diduga Pendaki Gunung Marapi Terjebak Erupsi Minta Dievakuasi, Begini Kondisinya
Gunung Marapi Erupsi (Tangkapan layar video BPNB)

ERA.id - Beredar sejumlah video yang diduga pendaki Gunung Marapi yang erupsi di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Para pendaki tersebut diduga terjebak di tengah kondisi erupsi Gunung Marapi.

Dalam video tersebut nampak seorang wanita yang merekam penampakan wajah dan rambutnya yang kotor dengan lumpur abu.

Rambut wanita tersebut nampak berantakan dengan kondisi seperti ada abu atau lumpur yang menggumpal. Sementara itu, baju dan jaketnya juga nampak kotor dengan abu vulkanik.

"Tolong, begini keadaanku sekarang," kata wanita dalam video tersebut.

Lebih lanjut, pada video lainnya, nampak wanita lain berambut panjang yang rambutnya diikat juga mengalami kondisi serupa. Wajah, rambut hingga pakaiannya kotor dengan abu vulkanik.

Wanita tersebut juga merekam dirinya dengan kondisi wajah yang banyak terluka dan mengeluarkan air liur yang mengental. Ia juga menunjukkan kondisi tempatnya berada yang dipenuhi dengan abu vulkanik.

Pada potongan video lain, kondisi wanita yang sama nampak lebih parah lagi. Abu di wajahnya nampak mengering. Napasnya juga terlihat terengah-engah. Ia pun merebahkan badannya karena kondisinya yang lemas.

Komandan Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra mengerahkan tim untuk mengevakuasi para pendaki yang terjebak. Sebanyak 5 rescuer akan diturunkan bersama dengan tim gabungan BPBD dan SAR lainnya.

"Kita berangkatkan tim terdiri dari 5 rescuer dan dua potensi," katanya dikutip dari Instagram info Sumbar, Senin (4/12/2023).

Rekomendasi