Balas Sindiran Anies, Prabowo Subianto: Kalau ada Gagasan tapi Mau Joget, Emang Enggak Boleh?

| 09 Dec 2023 08:21
Balas Sindiran Anies, Prabowo Subianto: Kalau ada Gagasan tapi Mau Joget, Emang Enggak Boleh?
Capres Prabowo Subianto. (ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto merespons pernyataan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan yang mengomentasi soal hobi berjoget karena tak punya gagasan.

Adapun Prabowo di kali ketiganya mengikuti pemilihan presiden (pilpres), kerap dicap sebagai calon pemimpin imut yang hobi berjoget.

Atas pernyataan Anies, Prabowo justru balik bertanya. Menurtunya, apakah orang yang punya gagasan tak boleh berjoget.

"Kalau ada gagasan, tapi mau joget, emang enggak boleh?" kata Prabowo di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023).

Dia lantas mengatakan bahwa dirinya juga punya gagasan. Prabowo pun meminta Anies maupun pihak lainnya untuk mempelajari gagasan-gagasannya sebelum memberikan komentar miring.

"Tolong pelajari gagasan saya, pelajari dong. Jangan komentar tanpa dipelajari," ucapnya.

Meski begitu, Prabowo tak merasa tersindir dengan pernyataan Anies. Dia membebaskan siapapun melontarkan komentar terhadap dirinya.

"Terserah deh," kata menteri pertahanan itu.

Sebelumnya, diminta berjoget di sela-sela menghadiri acara dialog bertajuk 'Desak Anies' saat berkampanye di Lampung, Kamis (7/12).

Awalnya, moderator menggoda Anies apakah sudah cukup terdesak dengan banyaknya pertanyaan dari para anak muda di Lampung.

Anies hanya menjawab singkat bahwa dirinya masih sangat siap meladeni pertanyaan-pertanyaan untuknya.

Lantas moderator menyarankan Anies untuk berjoget apabila merasa tegang dengan banyaknya pertanyaan dari warga Lampung.

Sejumlah penonton kemudian berteriak bahwa Anies tak bisa joget, melainkan hanya pandai berkata-kata.

"Atau mau joget-joget dulu biar rileks? Oooh Anies enggak pinter joget katanya, pinternya di kata-kata aja," kata moderator.

Menanggapi ajakan itu, Anies hanya tertawa dan menjawab singkat. Menurutnya, pertanyaan tak perlu ditanggapi dengan berjoget jika punya gagasan.

"Kalau ada gagasan tak perlu berjoget," kata Anies sambil tertawa.

Tak hanya itu, Anies juga menjawab sindirian dirinya hanya pintar berkata-kata saja. Menurtnya hal itu lebih baik ketimbang hanya diam saja ketika ditanya.

"Jadi kalau enggak dijawab salah. Kalau dijawab dibilang bermain kata-kata. Loh argumen kok. Tapi di balik itu semua, lebih baik menerima pertanyaan dan dijawab, daripada banyak pertanyaan dan tak pernah berkata-kata," kata Anies. 

Rekomendasi