Suara Pemilih PDIP Beralih Dukungan dari Ganjar ke Prabowo

| 11 Dec 2023 16:00
Suara Pemilih PDIP Beralih Dukungan dari Ganjar ke Prabowo
Capres Ganjar Pranowo. (Antara)

ERA.id - Elektabilitas Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo tergerus dan tertinggal jauh dengan Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto. Hal ini berdasarkan temuan tebaru survei Litbang Kompas, dikutip pada Senin (11/12/2023).

Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar berada di angka 18 persen. Sedangkan Prabowo menempati urutan teratas dengan perolehan suara mencapai 39,7 persen.

Salah satu faktor tergerusnya elektabilitas Ganjar karena adanya pergeseran dukungan yang terjadi pada pemilih PDI Perjuangan.

"Soliditas dukungan dari orang-orang yang pada Pemilu 2019 memilih PDIP kepada Ganjar yang pada Agustus 2023 mencapai 60,6 persen sekarang tinggal 40,7 persen," dikutip dari Litbang Kompas.

Sebaliknya, survei Litbang Kompas melihat pemilih PDI-P yang memberikan suaranya kepada Prabowo cenderung meningkat. Mulanya hanya 22,1 persen, kini menjadi 35,1 persen. Mereka juga menilai partai pendukung Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran semakin solid.

"Dukungan partai-partai koalisi pendukung Prabowo juga semakin solid, rata-rata meningkat signifikan ketimbang Agustus lalu," ungkap survei tersebut.

Survei Litbang Kompas dilakukan secara tatap muka pada 29 November-4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia. Pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ini 

Rekomendasi