Debat Perdana Angkat Tema Polhukam, TPN Sebut Mahfud yang Latih Ganjar

| 12 Dec 2023 08:46
Debat Perdana Angkat Tema Polhukam, TPN Sebut Mahfud yang Latih Ganjar
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD melatih langsung Calon Presiden (Capres) pasangannya, Ganjar Pranowo untuk persiapan debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan, keduanya sudah saling bertemu untuk membahas tema debat pertama terkait hukum dan hak asasi manusia (HAM).

"Pada tema debat satu tentang polhukam, tentunya kami juga berbicara dengan Pak Mahfud. Sudah ada pertemuan antara Mas Ganjar dan Pak Mahfud," kata Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Dia menambahkan, Ganjar dan Mahfud juga sudah saling memberi masukan terhadap materi yang akan disampaikan pada debat pertama.

"Kedua kandidat kami sudah saling mengisi tentang isu-isu debat satu, misalnya sudah berbicara tentang kemunduran demokrasi, sudah berbicara tentang pemberantasan korupsi, sudah juga berbicara hal-hal yang terkait dengan terobosan-terobosan demokrasi yang ada di era digital dan seterusnya," ucapnya.

Selain itu, kata Andi, Ganjar akan membawa saran masyarakat yang sudah ditemuinya di daerah.

“Mas Ganjar sudah berdiskusi dengan kami di tim, terutama. Mas Ganjar menceritakan substansi yang terkait dengan debat satu tentang politik, hukum, HAM, pemerintahan yang Mas Ganjar temukan ketika berinteraksi dengan masyarakat di Merauke, Kupang, Rote, Bima, Kendari, Palu, lalu Balikpapan, dan IKN,” kata Andi.

Andi bilang saran dan masukan dari rakyat inilah yang nantinya akan disampaikan Ganjar. Narasinya juga sudah diolah oleh tim pemenangan.

“Tadi pagi kami sudah menyiapkan narasi utama tentang debat pertama yang disesuaikan dengan visi misi, terutama temuan-temuan di lapangan yang langsung didapatkan Mas Ganjar selama menjalankan kampanye,” tegasnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat Pilpres 2024 perdana pada Selasa (12/12) besok.

Debat perdana itu akan diikuti tiga capres. Adapun tema yang diangkat terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Adapun debat kedua akan digelar 22 Desember 2023 dengan mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Berikutnya, debat ketiga dilaksanakan pada 7 Januari 2024 dengan tema ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Debat keempat dilaksanakan pada 21 Januari 2024, mengusung tema energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Terakhir, debat dilaksanakan pada 4 Februari 2024 dengan tema teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Rekomendasi