Durasi Debat Hanya Dua Jam, TPN Pastikan Ganjar Bicara Efektif

| 12 Dec 2023 14:00
Durasi Debat Hanya Dua Jam, TPN Pastikan Ganjar Bicara Efektif
Ganjar Pranowo (Dok Ganjar)

ERA.id - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto memastikan, calon presiden (capres) nomor urut tiga akan menyampaikan gagasannya dengan efektif dalam debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hanya memberikan waktu selama 120 menit atau sekitar dua jam bagi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk menyampaikan gagasan dan saling menyanggah.

"Kami sudah hitung-hitungan, debatnya akan berlangsunh 120 menit tanpa iklan, 150 menit totalnya (dengan iklan). Dari 120 menit itu kandidat akan berdiri di panggung kira-kira 100 menit. Tetapi bicaranya 20 menit saja," kata Andi dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Dengan durasi yang sangat singat, maka mantan gubernur Jawa Tengah itu harus memanfaatkan waktu seefektif mungkin untuk menyampaikan gagasannya.

"Untuk berbicara 20 menit memang kemudian harus benar-benar, harus bisa melakukan komunikasi yang super efektif," kata Andi.

Bahkan, untuk membuka pernyataan terbuka Ganjar hanya punya waktu empat menit dan dia hanya punya waktu dua menit menjawab. Alhasil, TPN Ganjar-Mahfud sudah mengolah narasi efektif yang bisa disampaikan di atas panggung debat.

“Ketika nanti menyimpulkan yang waktunya satu menit juga secara komunikasi harus super-super efektif sehingga narasi utamanya bisa didapatkan oleh masyarakat pemilih secara tajam dan baik,” ungkapnya.

Terpisah, Ganjar mengakui bahwa durasi dua jam tidak bisa mengakomodir semua pertanyaan untuk disampaikan kepada publik. Namun hal itu bukan menjadi halangannya.

"(Durasi dua jam) enggak akan bisa mengakomodir semuanya," kata Ganjar di Jakarta, Senin (11/12).

Oleh karena itu, dia mangku cukup rajin memenuhi undangan-undangan adu gagasan dari sejumlah pihak. Dengan waktu yang cenderung fleksibel, pesan maupun visi-misi dan program lebih leluasa.

"Ini melengkapi cerita-cerita soal debat yang sifatnya formal itu kan yaa publik akan melihat tema-tema itu juga," ucapnya.

Sebagai informasi, KPU RI menggelar debat perdana Pilpres 2029 pada Selasa (12/12) malam. Debat pertama ini hanya diikuti oleh capres saja.

Adapun tema yang diangkat terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat akah dibagi menjadi enam segmen. Empat segmen diantaranya merupakan sesi saling menyanggah gagasan masing-masing kandidat.

Rekomendasi