Soal Protes Grace Natalie Ada Pendukung Ganjar Acungkan Tiga Jari Saat Debat Capres, Ini Tanggapan TPN

| 09 Jan 2024 09:12
Soal Protes Grace Natalie Ada Pendukung Ganjar Acungkan Tiga Jari Saat Debat Capres, Ini Tanggapan TPN
Konferensi pers strategi pilpres pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md oleh Deputi Politik 5.0 TPN, Andi Widjajanto (tengah) (ANTARA/Devi Nindy)

ERA.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud buka suara soal protes dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, terkait adanya pendukung yang mengacungkan tiga jari saat debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung pada Minggu (7/1).

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengklaim, gesture itu dilakukan pendukung secara natural. Terlebih saat mendengar Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto banyak setuju dengan Ganjar atas gagasan pertahanan.

"Karena senang Prabowo setuju dengan Ganjar, naikkan tiga jari," kata Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

Dia memastikan, gesture itu juga tidak mengganggu paslon, termasuk Prabowo yang sedang mengikuti debat. Apalagi, area kursi pendukung itu gelap.

"Tidak mengganggu Pak Prabowo dan jauh dan gelap," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan gubernur Lemhanas itu juga mengaku kaget dengan sikap Prabowo yang banyak menyetujui gagasan Ganjar terkait isu-isu pertahanan.

Sambil berkelakar, TPN pun sampai rapat mendadak dengan sikap Prabowo saat debat.

"Kita kaget ya waktu tiba-tiba (Prabowo) setuju, satu, kita masih ngangguk-ngangguk. Setuju, dua, sudah mulai tanda tanya, begitu setuju tiga, rapat kami, kenapa ini setuju tiga kali," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam video yang viral di media sosial, Grace bersama petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Isyana Bagoes Oka menghampiri meja moderator dan sempat berbincang sebentar.

Saat dikonfirmasi, Grace mengaku, tindakannya menghampiri moderator untuk melaporkan dan bertanya prihal tindakan yang dilakukan pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat debat.

"Kami mempertanyakan, apa boleh pendukung yang duduk di belakang moderator, setiap paslon menjawab, mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi," kata Grace saat dikonfirmasi, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, gerakan-gerakan yang dilakukan pendukung saat segmen debat berlangsung, terlebih pendukung itu duduk tepat di belakang moderator, bisa mengganggu konsentrasi paslon.

"Khawatir gerakan-gerakan ini menganggu konsentrasi semua paslon," ucap Grace.

Melalui akun X pribadinya, Grace mengunggah video yang menunjukan salah satu pendukung Ganjar-Mahfud mengajukan tiga jari saat Prabowo sedang menyapaikan paparan dalam debat.

Menurutnya, tindakan pendukung Ganjar-Mahfud itu kerap dilakukan saat paslon lain sedang berbicara.

"Pendukung salah satu paslon yang pakai jaket hijau, syal merah putih, mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi, berkali-kali di saat ada paslon yang menjawab," cuit Grace dikutip dari akun X pribadinya, @grace_nat.

Diketahui, KPU RI menggelar debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan pada Minggu (7/1). Debat akan diikuti oleh tiga capres.

Adapun debat ketiga Pilpres 2024 mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik, dan Politik Luar Negeri.

Rekomendasi