Di Panggung Debat Pilpres 2024, Prabowo Dua Kali Berjoget

| 13 Dec 2023 07:00
Di Panggung Debat Pilpres 2024, Prabowo Dua Kali Berjoget
Prabowo Subianto (Dok Instagram)

ERA.id - Sosok Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowl Subianto belakangan dikenal sebagai politisi dan calon pemimpin yang suka berjoget. Terlebih saat beripato selama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kebiasannya berjoget rupanya tak lepas saat mengikuti acara debat capres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12) malam.

Tercatat dua kali Prabowo berjoget di atas panggung debat saat menanggapi pernyataan dari kandidat lainnya.

Pertama, ketika dia menanggapi sanggahan dari Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo yang menilai bawa penyelesaian konflik dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua bukan hanya dari segi penguatan hukum, tetapi juga dialog.

"Benar, saya sangat setuju kita harus ada pendekatan dialog," kata Prabowo.

Ketua Umum Partau Gerindra itu juga setuju dengan sanggahan dari Capres nomor urut satu, Anies Baswedan yang menilai konflik dan pelanggaran HAM itu karena adanya ketidakadilan di tanah Papua.

Namun, omongannya sempat terpotong lantaran sorak sorai dari para pendukung paslon.

"Dan saya juga setuju harus.. Eh tunggu dulu, aku mau jawab," kata Prabowo sambil berjoget ala gaya pencal silat andalannya.

Momen kedua terekam saat menteri pertahanan itu menanggapi jawahan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan terkait ketidakpercayaan publik terhadap partai politik.

Menurut Anies, fenomena ketidakpercayaan publik itu karena terkekangnya kebebasan berpendapat dan hilangnya peran oposisi.

Namun Prabowo justru membalasnya dengan mengingungkit perannya saat mengusung Anies sebagai calon gubernur DKI pad Pilkada 2017 lalu.

"Mas Anies dipilih jadi gubernur DKI, menghadapi pemerintah yang berkuasa, saya yang ngusung," katanya.

"Kalau demokrasi tidak berjalan, kalau Presiden Jokowi diktator, anda tidak mungkin jadi gubernur," tegasnya.

Padahal, ketika itu Partai Gerindra yang dipimpinnya merupakan salah satu partai politik oposisi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Saya waktu itu oposisi, mas Anies. Anda ke rumah saya, kita opsisi, anda terpilih. Saya waktu itu oposisi, Mas Anies. Anda ke rumah saya, kita oposisi, anda terpilih," ucap Prabowo.

Peryataa Prabowo langsung disambut gemuruh sorak sorai dari para pendukung. Lagi-lagi, dia mengeluarkan aksi jogetnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat Pilpres 2024 perdana.

Debat perdana itu akan diikuti tiga capres. Adapun tema yang diangkat terkait hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Adapun debat kedua akan digelar 22 Desember 2023 dengan mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan

Rekomendasi