Terkuak, Sosok Eks Mendag Tom Lembong yang Ternyata Jadi Salah Satu Konsultan Cak Imin Hadapi Debat Cawapres

| 16 Dec 2023 11:58
Terkuak, Sosok Eks Mendag Tom Lembong yang Ternyata Jadi Salah Satu Konsultan Cak Imin Hadapi Debat Cawapres
Thomas Lembong (Antara)

ERA.id - Nama mantan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong disebut-sebut sebagai salah satu konsultan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk mempersiapkan debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada pekan depan.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid. Menurutnya, hal itu wajar saja, sebab Tom Lembong kini tercatat sebagai salah satu Co-Captian Tim Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN).

"Kalau Mas Tom Lembong memang kan dia Timnas AMIN yang  membidangi ekonomi," kata Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/12/2023) malam.

Menurutnya, bukan hanya Tom Lembong saja yang membantu Cak Imin mempersiapkan diri menghadapi debat kedua Pilpres 2024. Tetapi juga seluruh Timnas AMIn ikut turun tangan.

"Bahwa di situ ada diskusi, pengayaan data, dan kemudian penajamanan visi misi, itu hal yang wajar. Namanya Timnas semuanya berkontribusi," ucapnya.

Meski begitud, Wahid menegaskan bahwa konsultan utama Cak Imin menjelang debat kedua Pilpres 2024 adalaj rakyat.

Oleh karena itu, sepanjang masa kampanye, Cak Imin kerap turun ke bawah dan menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Konsultannya Gus Muhaimin itu rakyat. Jangan saah ya. Konsultannya Gus Muhaimin itu rakyat," tegasnya.

"Kenapa? Karena dia selama ini turun ke rakyat. Dari rakyat itulah dia kemudian tahu semua problem yang diminta rakyat, termasuk ekonomi. Kedua, konsultannya dia adalah kenyataan. Kenyataan ekonomi yang ada," sambungnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada 22 Desember 2023 mendatang.

Jika debat perdana menjadi panggung untuk calon presiden (capres) beradu gagasan. Maka debat kedua akan menjadi panggung perdana untuk tiga kandidat cawapres.

Adapun tema debat kedua yaitu Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Sebagai informasi pula, Tom Lembong merupakan mantan menteri perdagangan di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Kemudian dia juga sempat ditunjuk sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Tom Lembong juga disebut-sebut sebagai orang yang menulis pidato Presiden Jokowi terkait ekonomi. Misalnya, pidato "Game of Thrones" yang dibacakan Jokowi pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 2018.

Dia juga menjadi penyusun pidato "Thanos" yang dibacakan Jokowi di Forum Ekonomi Dunia.

Rekomendasi