Gibran Tanya soal LFI, Cak Imin: Kita Ini Levelnya SD, SMP, atau Jangan-jangan Ijazah Kita Palsu Semua

| 21 Jan 2024 21:50
Gibran Tanya soal LFI, Cak Imin: Kita Ini Levelnya SD, SMP, atau Jangan-jangan Ijazah Kita Palsu Semua
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Antara Foto/M Risyal Hidayat)

ERA.id - Calon wakil presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyebut tim pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 sering menyinggung soal lithium ferro-phosphate (LFI). Ia mempertanyakan apakah tim Anies-Muhaimin anti nikel atau tidak.

"Akan saya gunakan (waktu) apabila pertanyaannya belum jelas. Itu sering digaungkan Pak Tom Lembong," kata Gibran dalam debat cawapres, di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Merespons Gibran, Cawapres Muhaimin Iskandar menyebut semua hal ada etikanya. Termasuk soal diskusi bukan soal tebak-tebakan definisi atau singkatan.

"Kita levelnya adalah policy dan kebijakan. Prinsipnya sederhana, semua kembali kepada etika. Etika itu adalah etika lingkungan," katanya.

Menurut Cak Imin sapaan akrabnya, apapun yang menjadi kebijakan mulai dari produksi hingga pengambilan sumber daya alam maka rujukannya etika lingkungan. Sehingga, perlu ada keseimbangan antara meletakkan manusia dan alam. Tujuannya agar pembangunan berkelanjutan.

"Bukan hanya etika lingkungan tapi etika bahwa forum ini adalah forum policy yang berharga. Jangan-jangan kalau kita tebak-tebakan definisi di sini, saya ragu, kita ini levelnya SD, SMP, atau jangan-jangan ijazah kita palsu semua di sini. Ini yang mengagetkan," kata Cak Imin.

Rekomendasi