Kunjungi IKN, Presiden Joko Widodo Mengaku Puas Lihat Kemajuan Pembangunan

| 20 Dec 2023 15:35
Kunjungi IKN, Presiden Joko Widodo Mengaku Puas Lihat Kemajuan Pembangunan
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (20 Desember 2023). (ANTARA/Novi Abdi)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan puas melihat kemajuan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut disampaikan ketika Jokowi meninjau pembangunan Hotel Nusantara di kawasan IKN. 

"Saat ini, kami datang untuk peletakan batu pertama sejumlah pembangunan fisik dan melihat pembangunan yang telah dilakukan" jelas Presiden Jokowi di Penajam, Rabu (20/12/2023).

"Kami senang dengan melihat kemajuan pembangunan Ibu Kota Negara baru Indonesia, masih sesuai target dan diharapkan pada awal Agustus 2024 bangunan sudah dapat difungsikan," tambahnya.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kemajuan pekerjaan fisik 82 paket yang sedang dilakukan saat ini mencapai sekitar 21,16 persen. 

Peletakan batu pertama Hotel Nusantara dilakukan Presiden Jokowi pada 21 September 2023 dan ditargetkan rampung sebelum Agustus 2024, dengan investasi lebih kurang Rp20 triliun yang merupakan konsorsium sembilan perusahaan swasta dalam negeri.

"Sekarang kemajuan pembangunan Hotel Nusantara capai 34,50 persen melampaui target sedikit, dan ini harus diikuti pengerjaan fisik lainnya di Kota Nusantara," kata Jokowi.

Keterlibatan investor lokal dalam pembangunan IKN, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi pemicu investor besar terlibat dalam pembangunan Kota Nusantara.

Rekomendasi