Dana Awal Kampanye Anies-Cak Imin Cuma Rp1 Miliar, Timnas AMIN: Nanti Bisa Berkembang

| 21 Dec 2023 13:47
Dana Awal Kampanye Anies-Cak Imin Cuma Rp1 Miliar, Timnas AMIN: Nanti Bisa Berkembang
Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimi Iskandar alias Cak Imin. (Antara)

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimi Iskandar alias Cak Imin tercatat memiliki dana awal kampanye paling kecil dibanding paslon lainnya, yaitu hanya sebesar Rp1 miliar.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Billy David Nerotumelina mengatakan, dana kampanye capres-cawapres yang dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pasti akan bertambah seiring jalannya masa kampanye.

"Kalau dana kampanye kan berkembang, saya rasa angkanya pasti akan berubah enggak mungkin sampai akhir. Kita optimis sih angkanya enggak mungkin Rp1 miliar," kata Billy di Jakarta, dikutip pada Kamis (21/12/2023).

Dia meyakini banyak pendukung maupun simpatisan capres-cawapres Koalisi Perubahan ini nantinya akan memberi sumbangan untuk kegiatan kampanye.

Menurutnya, sejauh ini sudah ada komitmen pemasukan dana kampanye, baik itu bersumber dari partsi politik atau gabungan koalisi, hingga sumbangan eksternal dari individu, kelompok, maupun badan usaha.

"Beberapa percakapan yang sudah dilakukan di Timnas, tentu komitmen-komitmen itu ada orang parpol, ada juga yang background-nya sebagai pengusaha, orang parpol ada yang sebagai pebisnis," ucap Billy.

"Kami harapkan nanti itu akan dibuka ke publik dan semua publik dan juga KPU dan semua orang bisa mengawasi sumber pendanaan atau pun sumber penggunaan kampanye," sambungnya.

Sebagai informasi, KPU RI merilis laporan awal dana kampanye (LADK) ketiga capres-cawapres Pemilu 2024 dalam laman infopemilu.go.id. Dana awal kampanye Anies-Cak Imin sebesar Rp1 miliar. Dana tersebut baru bersumber dari capres-cawapres tersebut dalam bentuk uang.

Rekomendasi