Tutup Kampanye di Jakarta, Anies-Muhaimin Pulang Kandang ke JIS

| 10 Feb 2024 07:00
Tutup Kampanye di Jakarta, Anies-Muhaimin Pulang Kandang ke JIS
Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Dok. Istimewa).

ERA.id - Setelah 75 hari berkampanye ke berbagai daerah di Indonesia, pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menggelar kampanye akbar terakhirnya di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2).

Juru Bicara Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian mengklaim, kampanye akbar pamungkas ini bakal dihadiri sekitar satu juta orang akan memadati kompleks JIS.

"Dengan anatusiasme masyarakat, bisa 500-1 juta (orang) bisa hadir di kawasan JIS," ucap Angga di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Para pendukung AMIN dapat memasuki area JIS sejak pukul 06:30 WIB. Sementara orasi politik dari Anies dan Cak Imin rencananya baru dimulai sekitar pukul 10:00 WIB.

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polda Jakarta Utara untuk pengamanan hingga pengaturan lalu lintas selama acara berlangsung.

"Sudah koordinasi. Teman-teman panita sudah rapat sama Polda, Insyaallah aman. Polda Jakarta Utara juga suadh dukung pagelaran ini," kata Angga.

Anies Pulang Kandang

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan tak menampik pemilihan JIS sebagai lokasi kampanye terakhirnya karena alasan emosional. Sebab, stadion sepakbola bertaraf internasional itu dibangun semasa dirinya masih menjawab sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Ya tentulah. Masa enggak ada (ikatan emosional dengan JIS)," ucap Anies saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Selain itu, JIS juga menjadi simbil karya anak bangsa. Dia mengaku, tak ada tenaga asing yang terlibat dalam proses pembangunan JIS.

Oleh karena itu, JIS dianggap layak sebagai tempat untuk menyampaikan mengkampanyekan visi misi dan program kerjanya yaitu terkait kemandirian bangsa.

"JIS itu simbol keringat anak Indonesia. Dibangun tanpa menggunakan tenaga asing satupun, semuanya adalah anak kandung Indonesua," tegasnya.

War Tiket Pengunjung Kalahkan Coldplay

Timnas AMIN mengadakan pemesan tiket secara online bagi masyarakat yang ingin hadir dalam kampaye akbar di JIS.

Platform pemesanan tiket hiburan, Goers, mencatat pemesan tiket Kumpul Akbar Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) membeludak hingga mencapai 3,5 juta dalam hitungan menit saat pemesanan tiket dibuka, sehingga mengalahkan war ticket grup musik asal Inggris, Coldplay.

Co-founder Goers Niki menyampaikan dalam hitungan menit saat pemesanan tiket dibuka yakni pada Rabu (7/2) pukul 11.11 WIB, ada sekitar 3,5 juta pengunjung, sehingga laman Goers harus menampung daftar tunggu (waiting list) yang berdurasi hingga 4 jam.

Anies menyampaikan apresiasiasinya. Dia mengaku terkejut dengan antusiasme masyarakat untuk menghadiri perhelatan kampanye pamungkas pasangan pasangan calon nomor urut satu, Anies dan Muhamin Iskandar.

"Saya terkejut sekali ketika mendengar kabar bahwa situs tiketnya diakses sampai lebih dari 3,5 juta kali dalam waktu beberapa puluh menit saja. Ini mengalahkan pemesasaan tiket Coldplat, luar biasa," kata Anies.

Rhoma Irama hingga D'Masiv tampil di Panggung JIS

Pasangan calon nomor urut satu, Anies dan Cak Imin juga meggandeg sejumlah seniman uuntuk memeriahkan acara.

Angga mengatakan, mereka yang akan tampil di atas panggung yaitu Rhoma Iraama dengan Soneta, Nasida Ria, hingga D'Masiv.

"Ada beberapa band Indonesia (yang tampil). Ada Nasida Ria, ada D'Masiv  hingga penampilan Soneta," kata Angga.

Dengan jumlah pendukung yang cukup besar, Timnas AMIN meyakini para relawan, pendukung bakal menjaga kondisi, terutama di jalanan tetap kondusif.

Sebab, kampanye terakhir AMIN di JIS bersamaan dengan paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Cak Imin, yang menggelar acaranya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Rekomendasi