Komentari Degradasi Pendidikan di Indonesia, Jusuf Kalla Ajak Tiru Sistem Pendidikan India

| 21 Dec 2023 17:15
Komentari Degradasi Pendidikan di Indonesia, Jusuf Kalla Ajak Tiru Sistem Pendidikan India
Wakil Presiden RI ke !0 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla (ANTARA/HO- Dok pri)

ERA.id - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mendorong Sulawesi Selatan (Sulsel) mencontoh sistem pendidikan di India untuk meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran.

Jusuf Kalla dalam keterangannya di Makassar, Kamis (21/12/2023), mengatakan sistem pendidikan di India sangat luar biasa. Ia mencontohkan banyak CEO perusahaan besar dunia merupakan keturunan India yang sekolah dalam negeri.

"Kenapa kita tidak mencontoh India? Tidak ada daerah yang bisa maju tanpa sumber daya pendidikan. Saat ini terjadi degradasi dunia pendidikan, jadi mari kita buka mata kita semua melihat pendidikan di Sulsel," ujar Jusuf Kalla pada acara Tulang Sipulung Pendidikan Sulsel dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan perubahan berbagai negara maju di belahan dunia tak terlepas dari peran dunia pendidikan yang merupakan kunci pembangunan di semua sektor. 

Menurut Jusuf Kalla, standar dunia pendidikan di Sulsel sangat jauh dibandingkan berbagai daerah di Indonesia. Dari 100 Sekolah Menengah Akhir (SMA) terbaik seluruh Indonesia, tidak ada satu pun SMA dari Provinsi Sulsel.

"Sekolah yang masuk dalam 100 SMA terbaik kebanyakan di Jakarta dan Pulau Jawa. Kenapa harus bikin sekolah unggulan? Supaya mendapatkan standar pendidikan yang sama di seluruh Indonesia," ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat itu.

Sementara Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengapresiasi peran Jusuf Kalla dalam dunia pendidikan. 

"Luar biasa sudah bikin Sekolah Islam Athirah di Bone dan Sekolah IsIam Athirah Bone bahkan masuk lima besar sekolah terbaik di Sulsel," ujar Bahtiar.

Diketahui Sekolah Islam Athirah milik keluarga Jusuf Kalla sudah ada di beberapa daerah di Sulsel, bahkan di DKI Jakarta.

Rekomendasi