JK Sebut NU Seperti McDonald's Karena Punya Banyak Pesantren

| 02 Dec 2021 19:10
JK Sebut NU Seperti McDonald's Karena Punya Banyak Pesantren
Jusuf Kalla (Antara)

ERA.id - Wakil Presiden RI periode 2014-2019 Jusuf Kalla menyebut Nahdlatul Ulama (NU) mirip seperti restoran cepat saji McDonald's. Sebab, NU memiliki banyak pesantren yang sistemnya seperti waralaba atau franchise.

"Tadi disampaikan bahwa ribuan pesantren di Indonesia sebagian besar dimiliki oleh NU, milik para kiai orang NU. Jadi saya minta maaf, saya katakan kalau NU itu kaya franchise McDonald's, semua itu McDonald's yang punya beda-beda," kata Jusuf Kalla di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Jusuf Kalla menjelaskan, sistem waralaba yang dimaksud adalah kehebatan NU mendirikan ribuan pesantren yang dikelola oleh para kiai-kiai NU. Berbeda dengan Muhamadiyah, yang memiliki sistem seperti sebuah perusahaan dalam mengelola rumah sakit atau pendidikan.

"Kalau Muhammadiyah murni company, dari atas sampai ke bawah dia punya," katanya.

Namun, Jusuf Kalla menilai, baik NU maupun Muhammadiyah sama-sama hebat, walaupun memiliki sistem yang berbeda dalam rangka mengelola unit pendidikannya. Sistem waralaba yang diterapkan McDonald's memiliki sistem terbaik teruji. Seperti waralaba pesantren ala NU.

"Tapi dua-duanya hebat, bayangkan hebatnya McDonald's, pemiliknya berbeda-beda tapi mereka punya sistem yang dikoordinir, kepemilikannya nomor dua, tapi sistemnya yang terbaik dan teruji. Karena bagaimana kita mempunyai punya aset menjadi entrepreneurship. Bagaimana pesantren itu dididik, saya bilang orang-orang NU itu entrepreneurship-nya itu tinggi. Karena bisa dirikan pesantren ribuan tanpa campur tangan," pungkasnya.

Rekomendasi