Cak Imin Sesumbar Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud MD: Apa Bisa Dilaksanakan Dalam Lima Tahun?

| 22 Dec 2023 20:58
Cak Imin Sesumbar Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud MD: Apa Bisa Dilaksanakan Dalam Lima Tahun?
Mahfud MD (Dok: KPU RI)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD mengaku kaget mendengar program kerja yang disampaikan dari Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang ingin membangun 40 kota selevel Jakarta di Indonesia.

Hal itu disampaikan saat menanggapi jawaban Cak Imin prihal isu perkotaan dalam Debat Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Pasangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 itu lantas mempertanyakan apakah mungkin dalam lima tahun bisa membangun 40 kota selevel Jakarta jika nanti Cak Imin dan Anies Baswedan terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. 

"Cak Imin saya agak kaget juga, mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Yah, apa itu bisa dilaksanakan 5 tahun bapak menjadi presiden dan wakil presiden? Berapa kota dalam lima tahun?" tanya Mahfud. 

Dia kemudian menyinggung soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang belum juga mendulang investor. Kalaupun ada investasi saja masih dalam bentuk janji. 

"Ini IKN aja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan, nah gitu kan. Lalu saudara 40, luar biasa menurut saya, 40 kota selevel Jakarta yang sudah metropolitan seperti ini," ucapnya. 

Lebih lanjut, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mempertanyakan juga prihal pembiayaan pembangunan 40 kota yang menjadi ide Cak Imin. 

"Menurut Pak Muhaimin, kalau nanti kita membentuk 40 kota itu, pembiayaannya itu APBN, APBD, atau perlu kah lembaga khusus seperti tadi ditanyakan," pungkasnya.

Rekomendasi