Cak Imin Ikut-ikutan Minta Prabowo dan Gibran Mundur dari Jabatan Eksekutif Seperti Mahfud

| 02 Feb 2024 17:22
Cak Imin Ikut-ikutan Minta Prabowo dan Gibran Mundur dari Jabatan Eksekutif Seperti Mahfud
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar di Badung, Bali, Jumat (26/1/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengapresiasi Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD yang mundur dari jabatan sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam).

Menurutnya, langkah Mahfud seharusnya ditiru oleh pejabat publik lainnya di tingkat eksekutif yanng juga menjadi kandidat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kemunduran Pak Mahfud hendaknya menjadi pembelajaran kepada para calon yang sedang menjabat," kata Cak Imin di Banten, Jumat (2/2/2024).

Secara khusus, Cak Imin menyebut nama pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk ikut mundur dari jabatannya.

Seperti diketahui, Prabowo saat ini masih menjabat sebagai menteri pertahanan (menhan) di Kabinet Indonesia Maju. Sementara Gibran tercatat sebagai wali kota Solo.

"Apakah Pak Prabowo atau Gibran, yang masih menjabat sebagai pejabat sentral yang menentukan policy-policy kementerian maupuan pemerintah daerah," kata ketua umum PKB itu.

Mahfud MD resmi mengundurkan diri sebagai menko polhukam. Surat pengunduran dirinya diserahkan langsung kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis (1/2) sore.

Kabar pengunduran dirinya dari Kabinet Indonesia Maju sudah disampaikan beberapa hari belakangan. Salah satu alasannya karena dia tak mau terlibat dalam konflik kepentingan.

Diketahui, Mahfud kini menjadi salah satu calon wakil presiden (cawapres), mendampingi Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Rekomendasi