Wanita Hamil 6 Bulan di Surabaya Melahirkan di Toilet Kantor, Sempat Berteriak Minta Tolong

| 22 Dec 2023 22:35
Wanita Hamil 6 Bulan di Surabaya Melahirkan di Toilet Kantor, Sempat Berteriak Minta Tolong
Wanita Berteriak Hendak Melahirkan di Toilet (Dok. Istimewa)

ERA.id - Seorang wanita asal sampang Jawa Timur hendak melahirkan di dalam toilet tempat kerjanya yang berada di Jalan Ploso Bogen No 69, Surabaya, pada Kamis (22/12/2023) sore.

Kepala BPBD Surabaya Laksita Rini menyampaikan melalui laporan petugas dari keterangan teman kerjanya, wanita berinisial K (37), kemarin, sejak siang mengeluh nyeri pada perutnya. Wanita tersebut pun pergi ke toilet sekitar pukul 15.00 WIB.

"Tidak berselang lama untuk pasien berteriak meminta tolong, saat ditemui oleh teman kerjanya pasien sudah dalam keadaan duduk di lantai toilet dan untuk bayi sudah keluar,"kata Rini melalui laporannya, Jumat (22/12/2023).

Petugas pun langsung melakukan penanganan dan membawa pasien itu ke Rumah Sakit Soewandhie menggunakan ambulans.

"Pihak keluarga sudah mendampingi ke RS. Soewandi. Usia Kandungan Bayi masih 6 bulan,"ujarnya.

Sementara, saat di konfirmasi ERA, Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soewandhie Surabaya dr Billy Daniel Messakh menyebut bayi wanita yang hendak melahirkan di toilet kantor itu beruntung dalam keadaan selamat.

dr Billy mengatakan bayi berusia sekitar 6 bulan itu sudah keluar saat berada di Ambulans saat hendak menuju RS Soewandhie.

"Pasien kemarin datang ke Ponek tanggal 21/12/2023 pukul 15.50WIB, ibu dan bayi diantar oleh ambulan PMI dalam posisi bayi sudah keluar tetapi tali pusat belum terpotong. Usia kehamilan sekitar 32/33 Minggu,"kata dr Billy saat dihubungi awak media, Jumat (22/12/2023).

Ia menyebut bayi prematur tersebut saat datang ke Rumah Sakit sudah dalam kondisi kritis. Pasien dari ibunya pun saat ini sedang dalam perawatan di ruang Edelweis.

"Untuk bayinya dirawat di ruamg NICU Level 3. Sedangkan kondisinya, BB 1300 gr, kondisi kritis terpasang ventilator mode SIMV dg FiO2 90 persen, SpO2 80 persen, HR 153 x/mnt,"pungkasnya.

Rekomendasi