KPU Tak Akan Hukum Gibran karena Aksinya Saat Debat, Cuma Singgung Kedewasaan

| 23 Dec 2023 15:06
KPU Tak Akan Hukum Gibran karena Aksinya Saat Debat, Cuma Singgung Kedewasaan
Gibran Rakabuming Raka (Bambang/VOI)

ERA.id - Calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka lagi-lagi mengompori pendukungnya untuk bersorak saat debat Pilpres 2024 berlangsung.

Diketahui, KPU RI menggelar debat kedua Pilpres 2024 yang diikuti oleh tiga cawapres. Debat digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12) malam.

Menanggapi sikap Gibran, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memastikan pihaknya akan menegur kembali anak Jokowi tersebut.

"Nanti kita ingatkan lagi, kita tegur lagi pada evaluasi hasil debat yang kedua ini," kata Hasyim ditemui usai debat.

Meski begitu, KPU RI tak akan memberi konsekuensi apapun kepada pasangan calon maupun kandidat yang melanggar aturan dan tata tertib debat.

Dia hanya mengingatkan agar masing-masing paslon mengedepankan sikap kedewasaan sepanjang mengikuti debat. Apalagi, mereka adalah kandidat pemimpin masa depan.

"Sebetulnya ini kan komitmen ya, komitmen antarcalon dan kami menganggap masing-masing calon kan orang yang secara politik sudah dewasa semua tentang apa yang sudah disepakati," kata Hasyim.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, KPU RI akan menggelar pertemuan dengan tim sukes dari masing-masing pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Rapat tersebut untuk mengevaluasi jalannya debat kedua. Masing-masing tim sukses dipersilakan memberi catatan atas berlangsungnya acara debat.

"KPU akan mendengarkan dan kemudian akan mengambil keputusan apa-apa yang perlu kita evaluasi. Termasuk memperingatkan kembali tampilan-tampilan yang boleh dikatakan sudah disepakati untuk tidak dilakukan pada saat debat ini," katanya.

Sebelumnya, usai sesi tanya jawab antarcawapres, Gibran kembali menunjukan gestur meminta para pendukungnya bersorak sorai. Wali Kota Solo itu bahkan sampai melangkah meninggalkan podium.

Moderator memang memberikan kesempatan bagi para pendukung masing-masing kandidat untuk memberikan semangat atau bersorak sorai.

Meski begitu, calon yang sedang mengikuti debat tak diperkenankan meninggalkan podium, apalagi dengan sengaja mengajak para pendukungnya berteriak.

Pada debat perdana Pilpres 2024, Selasa (12/12) lalau, Gibran juga disorot karena sengaja mengompori para pendukunya untuk bersorak sorai.

Rekomendasi