Ngaku Isu Carbon Capture and Storage Sudah Disiapkan tapi Untuk Debat Keempat, Mahfud MD: Kalau Balik Ditanyakan Bisa Kewalahan Dia

| 24 Dec 2023 17:40
Ngaku Isu Carbon Capture and Storage Sudah Disiapkan tapi Untuk Debat Keempat, Mahfud MD: Kalau Balik Ditanyakan Bisa Kewalahan Dia
Mahfud MD (Dok: KPU_RI)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD menyoroti pertanyaan Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka terkait carbon capture and storage (CCS) tak sesuai dengan tema debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, isu CCS merupakan bagian dari tema debat keempat yang membahas tentang  Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, hingga Energi. Sehingga, pertanyaan Gibran tak relevan ditanyakan di debat kedua terkait ekonomi. 

"Soal carbon capture itu, memang kita sudah buat catatan agak luas. Tapi nanti pada tanggal 21. Jadi yang ditanyakan tadi ndak relevan," kata Mahfud usai acara Debat Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). 

Dia mengaku, isu CCS sebenarnya sudah dipersipakan dirinya dan Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo sebagai materi debat keempat. 

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu lantas menyindir, apabila tema isu CCS kembali ditanyakan lebih lanjut, dia yakin Gibran juga kesulitan menjawab. 

"Oleh sebab itu, itu nanti kalau pertanyaan itu dibalikan pada debat keempat nanti, bisa kewalahan juga dia," ucapnya. 

Sebelumnya, saat sesi tanya jawab, Gibran  bertanya kepada Mahfud MD mengenai regulasi untuk "Carbon Capture and Storage". 

"Pak Mahfud kan ahli hukum, bagaimana resgulasi carbon capture and storage?" tanya Gibran. 

Mendapat pertanyaan itu, Mahfud pun menjawab mengenai secara rinci mengenai pembuatan regulasi secara umum. 

Tak puas dengan pernyataan Mahfud MD yang dinilainya tak menjawab pertanyaan dirinya, Gibran pun menyentil Cawapres Nomor Urut Tiga yang menjabat sebagai Menko Polhukam. 

"Tapi kembali lagi ke pertanyaan saya pak Prof Mahfud menjawab dua menit tapi pertanyaan saya belum dijawab sama sekali, apa regulasinya pak untuk Carbon Capture and Storage?" 

Gibran pun menilai jawaban yang disampaikan Mahfud MD tersebut mengambang. 

"Gak perlu mengambang kemana-mana pak," kata Gibran.

Rekomendasi