Gibran Tanya soal Carbon Capture and Storage, Mahfud: Saya Tanya Aturan Antariksa Nasional Anda Pasti Tak Tahu

| 22 Dec 2023 21:21
Gibran Tanya soal Carbon Capture and Storage, Mahfud: Saya Tanya Aturan Antariksa Nasional Anda Pasti Tak Tahu
Gibran Rakabuming (Tangkapan layar)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming bertanya kepada Cawapres Mahfud MD soal regulasi soal penangkapan dan penyimpangan karbon. Ia menanyakan hal itu karena menganggap Mahfud merupakan ahli hukum.

"Bagaimana regulasi untuk carbon capture and storage?" kata Gibran dalam debat cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Mahfud menjawab pertanyaan Gibran dengan menjelaskan cara membuat regulasi. Diawali dengan membuat naskah akademik. Naskah tersebut bisa terdiri dari pembahasan soal apa regulasi yang sudah ada, peluang, komunikasi publik hingga persoalan ideologisnya.

"Yang terpenting itu apapun yang akan kita bangun harus ada sistem pengawasan keuangan," kata Mahfud.

Ia pun menyebutkan soal sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) yang terkait dengan APBN. Sehingga ada pengawasan dari perencanaan sampai evaluasi.

Menanggapi hal ini, Gibran mengatakan sudah tahu soal SIPD karena menjabat sebagai wali kota. Ia pun menggunakan instrumen tersebut.

"Pak Mahfud menjawab dua menit tapi pertanyaan saya belum dijawab sama sekali. Apa regulasinya pak untuk carbon capture and storage. Mohon dijawab sesuai pertanyaan, nggak perlu ngambang kemana-mana pak," kata Gibran.

Mahfud mengatakan bila ia bertanya kepada Gibran soal membuat aturan antariksa nasional, maka tentu Gibran tak tahu. Sebab dalam hukum perlu naskah akademik untuk dibahas bersama.

"Misalnya saya tanya kepada anda sekarang bagaimana cara membuat aturan tentang antariksa nasional, anda pasti tidak tahu. Jawab sekarang coba, pasti tidak tahu," katanya.

Menurutnya, naskah akademik akan dibahas dan akan menjadi kunci untuk menentukan sebuah regulasi. "Jadi buat naskah akademik, kita diskusikan," kata Mahfud.

Rekomendasi