Laporan Viral Masih Diandalkan, Kompolnas Soroti Kinerja Polisi yang Bagus Surveinya

| 27 Dec 2023 10:55
Laporan Viral Masih Diandalkan, Kompolnas Soroti Kinerja Polisi yang Bagus Surveinya
Ilustrasi polisi lalu lintas (ERA.id)

ERA.id - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dari unsur masyarakat, Poengky Indarti, mengingatkan polisi memperbaiki komunikasi dengan masyarakat yang datang mengadu atau melapor.

"Memang masih ada juga 16,8 persen responden yang lebih suka mengadukan viral melalui media sosial, hal ini harus menjadi perhatian serius bagi Polri agar mempercepat pelayanan serta memperbaiki komunikasi dengan para pengadu," kata Poengky, Rabu (27/12/2023).

Menurut Poengky, Kompolnas menemukan bahwa terkadang muncul ketidakpercayaan masyarakat karena komunikasi yang masih belum efektif antara pengadu dan penyidik, sehingga pengadu merasa diabaikan dan menganggap melapor ke polisi itu tidak berguna.

"Dengan komunikasi yang baik serta tertib administrasi penyidikan yang baik, maka kepercayaan masyarakat pasti akan makin meningkat," kata aktivis HAM itu.

Kompolnas menyambut baik hasil survei Litbang Kompas yang merilis bahwa 87,8 persen masyarakat puas dengan kinerja Polri.

Hal ini, kata Poengky, merupakan prestasi terbaik yang diraih Polri terkait dengan meningkatnya kepuasan publik.

"Kami berharap hasil survei ini tidak menjadikan anggota Polri jumawa, melainkan terus terpacu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," katanya.

Survei kepuasan publik atas kinerja Polri itu terkait keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan nilai tertinggi 89 persen responden puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas.

Poengky menambahkan, modernisasi anggota Polri di lapangan, khususnya penegakan hukum, harus segera dilakukan, antara lain dengan melengkapi anggota dengan body camera dan dashboard camera, serta terus-menerus memastikan anggota bertugas dengan menghormati hak asasi manusia.

"Modernisasi tersebut juga mencegah anggota melakukan tindakan-tindakan transaksional yang berdampak pada turunnya kepercayaan masyarakat kepada Polri," kata Poengky.

Rekomendasi