1.000 Petani di Purworejo Antusias Berdialog Dengan Ganjar Soal Modernisasi Pertanian

| 31 Dec 2023 19:20
1.000 Petani di Purworejo Antusias Berdialog Dengan Ganjar Soal Modernisasi Pertanian
Ganjar Pranowo (Antara)

ERA.id - Sebanyak 1000 petani antusias menyambut kedatangan Ganjar Pranowo untuk berdialog di Desa Cangkrep Lor, Kabupaten Purworejo, Minggu (31/12/2023). Sektor pertanian memang menjadi salah satu prioritas pembangunan Capres 2024 nomor urut 3 itu.

Tiba di lokasi, Ganjar diberi caping gunung sebelum kemudian melakukan dialog. Di lokasi, ia dan petani membahas mengenai air irigasi, petani organik hingga minat anak muda terhadap pertanian.

"Pertanyaan yang menarik kenapa anak muda tidak mau bertani. Maka, saya tawarkan teknologi mekanisasi dan modernisasi pertanian itu," ujar Ganjar.

Menurut Ganjar, teknologi kekinian itu nantinya mampu menarik minat petani milenial. Karena itu tidak jauh dari dunia yang mereka geluti saat ini.

"Teknologi mekanisasi dan modernisasi itu mulai pengolahan tanah, pembibitan, hingga pasca panennya," paparnya.

Dari dialog itu, Ganjar mencoba menawarkan pola komputerisasi pertanian. Dan itu mendapat respon positif dari kalangan muda yang hadir di tempat acara.

"Tadi saya tawarkan komputerisasi, dan tenyata mereka tertarik," ucapnya.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu menambahkan, untuk ke depan perlu melibatkan penyuluh, kementrian, aktivis petani dan juga perguruan tinggi.

"Maka, kami juga menggandeng perguruan tinggi untuk mengembangkan pertanian," tandasnya.

Rekomendasi