Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas Salemba, Mahfud MD: Pernyataan Dia Enggak Jelas

| 04 Jan 2024 18:40
Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas Salemba, Mahfud MD: Pernyataan Dia Enggak Jelas
Mahfud MD (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai, pernyataan Alvin Lim terkait tersangka kasus pembunuhan berencana Ferdy Sambo tak pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, belum bisa dipastikan kebenarannya. Menurutnya, banyak pernyataan Alvin yang tak jelas.

"Kalau dari Alvin kan banyak dia pernyataannya, semua bagi dia jadi kasus. Jadi enggak jelas yang mana yang benar, yang mana yang salah. Ya sudah biar ditangkap oleh institusi terkait," kata Mahfud di Wisma Keuskupan Katedral Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Dia mengaku belum mendengar secara langsung pernyataan Alvin yang menyebut Ferdy Sambo tak pernah ditahan di Lapas Salemba hingga menghuni ruangan ber-AC.

Meski begitu, Mahfud meminta Alvin lebih baik melaporkannya langsung informasi yang didapatkannya. Ketimbang menjadi isu liar di ruang publik.

"Bagus lah kalau dia punya info begitu. Diberi tahu saja, ke saya juga boleh. Di mana, kapan dia lihatnya," kata Mahfud.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku, hingga saat ini belum ada laporan apapun kepada dirinya terkait perilaku Ferdy Sambo selama menjalani pidana penjara.

"Enggak ada laporan ke saya. Kalau ke lapas itu ngeceknya pasti tiap anu kan ada Irjen. Inspektur Jenderal. Itu yang selalu ngawasin. Kalau ada sesuatu biar saya panggil," ujar Mahfud.

Terlepas dari benar tidaknya pernyataan Alvin terkait Ferdy Sambo, Mahfud tak kaget dengan adanya isu tersebut.

Menurutnya, isu narapidana tak pernah berada di sel tahanan atau menyulap sel tahanan menjadi mewah adalah isu lama. Terlebih narapidana korupsi.

"Kalau isu begitu sih, di Sukamiskin banyak orang pulang tiap hari. Itu soal-soal yang harus kita selesaikan memang kalau ada," katanya.

Viral di media sosial pengacara Alvin Lim menyebut jika terpidana kasus pembunuhan berencana Ferdy Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Kelas IIA Salemba.

Alvin Lim menyampaikan hal itu di dalam podcast dr Richard Lee. Dilihat di akun TikTok @candrapratams, pengacara ini menyebut jika Ferdy Sambo tidak tidur di dalam sel di Lapas Salemba. Mantan Kadiv Propam Polri ini tidur di ruang ber-AC.

"Saya kasih tahu Bapak satu hal ya di situ yang menarik. Sambo bilangnya di rutan, di lapas Salemba kan. Dia tidak pernah ditahan di lapas Salemba. Namanya doang di situ," kata Alvin Lim dilihat di akun TikTok @candrapratams, dilihat hari ini.

"Itu si Sambo itu tidak pernah tidur di dalam penjara. Jadi di dalam kantor KPLP di atas. Gedung ruang ada AC, namanya doang di situ," tambahnya.

Pernyataan Alvin belakangan dibantah oleh Kalapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat. Dia menudiang Alvin sedang mengarang bebas.

"Selama Ferdy Sambo di Lapas Salemba, Alvin kan tidak ada karena sedang menjalani perawatan medis di RSU terhitung mulai tanggal 16 April 2023 hingga 29 September 2023," ujar Beni

Rekomendasi