Prabowo Jelaskan Soal Belanja Alutsista Bekas: Pak Anies Tak Mengerti Pertahanan

| 07 Jan 2024 21:20
Prabowo Jelaskan Soal Belanja Alutsista Bekas: Pak Anies Tak Mengerti Pertahanan
Capres Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Tangkapan layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menjelaskan soal belanja alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI selama masa kepemimpinannya dalam Debat Ketiga Capres Pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan setelah dicecar berulang kali soal pemborosan anggaran negara untuk membeli alutsista bekas oleh capres nomor urut 1 Anies Baswedan.

"Pak Anies rupanya tak mengerti masalah pertahanan. Saya bersedia mengundang Pak Anies di tempat yang Pak Anies suka. Saya akan bawa data yang sebenar-benarnya," ujar Prabowo di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Menurutnya, narasi soal belanja barang bekas itu menyesatkan rakyat dan tidak pantas disampaikan oleh seorang profesor.

"Jadi barang-barang bekas itu menurut saya menyesatkan rakyat. Itu Pak, tidak pantas seorang profesor ngomong-ngomong begitu, karena dalam pertahanan hampir 50% alat-alat di mana pun adalah bekas, tapi usianya masih muda," jelas Prabowo.

Prabowo belakangan mendapat banyak kritikan keras setelah membeli 12 Jet Mirages 2000-5 bekas dari Qatar per tanggal 31 Januari 2023 dalam Kontrak Jual Beli Nomor: TRAK/181/PLN/I/2023/AU. Prabowo mengatakan jet tempur itu masih layak pakai.

Debat yang diikuti oleh para capres untuk kedua kalinya hari ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Dalam debat kali ini, Ganjar menyampaikan bahwa politik luar negeri yang bersifat bebas aktif harus didefinisikan ulang dengan menyesuaikannya terhadap kondisi kekinian.

Rangkaian debat capres-cawapres dijadwalkan masih berlangsung dua kali lagi, yakni pada 21 Januari 2024 dan 4 Februari 2024.

Rekomendasi