Megawati: 51 Tahun Kita Bisa Seperti ini Bukan karena Elite dan Presiden!

| 10 Jan 2024 12:26
Megawati: 51 Tahun Kita Bisa Seperti ini Bukan karena Elite dan Presiden!
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengatakan partainya bisa seperti saat ini bukan karena elite politik maupun presiden, melainkan karena kekuatan akar rumput atau rakyat.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya saat perayaan HUT ke-51 PDIP yang digelar di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Awalnya, Megawati menyinggung soal istilah akar rumput yang kerap digunakannya. Menurutnya, rumput memiliki akar yang sangat kokoh dan tidak mudah dihancurkan.

"Rumput memiliki daya survival yang tinggi, sehingga meskipun dibakar, dipotong, dimatikan, dicabut, tetap akan selallu tumbuh. Karena akarnya selalu siap untuk tumbuh kembali. Tolong ingat! Itulah rakyat," kata Megawati.

Makanya dia meminta para kadernya tidak melupakan rakyat. Mereka wajib turun ke bawah karena sumber kekuatan ada di tengah-tengah masyarakat.

"Karena itulah betapa pentingnya turun ke bawah, ke akar rumput, ke rakyat. Perkuatlah akar rumput, sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah napas kontemplasi kita," tegas Megawati.

Presiden kelima RI itu lantas menegaskan bahwa kekuatan partai politik bukan berasal dari elite apalagi seorang presiden, melainkan dari rakyat. Sebab dari rakyat itulah, PDIP bisa terus eksis dan berdiri selama 51 tahun.

"51 tahun kita bisa menjadi seperti ini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri. Tapi karena rakyat yang mendukung kita," pungkas Megawati.

Rekomendasi