Timnas AMIN Akui Dapat Dukungan Penuh JK, Tamsil Linrung: Kami Ditawari Butuh Dana Berapa

| 12 Jan 2024 17:00
Timnas AMIN Akui Dapat Dukungan Penuh JK, Tamsil Linrung: Kami Ditawari Butuh Dana Berapa
Asisten Pelatih Timnas AMIN Tamsil Linrung di Posko Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024). (ERA/Muslikhul Afif)

ERA.id - Asisten Pelatih Timnas AMIN, Tamsil Linrung mengaku mendapat dukungan penuh dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Tamsil bahkan menyebut JK secara sukarela menawarkan bantuan dana karena yakin pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan memenangi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

"Pak JK menyampaikan di satu tempat, 'Saya yakin Anda menang, tapi Anda tidak boleh mengabaikan bahwa untuk kemenangan ini perlu ada dana. Karena saya melihat timnya Anis ini, timnya AMIN ini, tidak pernah bicara soal dana. Coba kau duduk, diskusikan itu. Berapa kebutuhanmu dan berapa saya harus bantu?" ujar Tamsil kepada ERA di Posko Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

Sebelumnya, ERA mewawancarai Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran sekaligus keponakan JK, Erwin Aksa pada 28 Desember 2023. Saat dikonfirmasi soal arah dukungan JK ke paslon lawan, Erwin mengaku tak pernah mendengar pamannya menyampaikan hal tersebut secara langsung.

"Saya belum pernah melihat Pak JK melakukan press conference tuh terkait dukungannya ya. Jadi menurut saya apakah itu betul Pak JK mendukung atau cuma jubirnya yang kemudian mengumumkan kepada media yang nggak dipantau oleh Pak JK juga," ungkap Erwin di kantornya di Menara Tendean, Jakarta Pusat.

Belakangan, JK tampak mengikuti serangkaian agenda kampanye paslon AMIN di berbagai tempat dan beberapa kali menyinggung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu, misalnya, tampak menemani cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri konsolidasi Kader dan Relawan AMIN di gedung DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024).

Sebelumnya, JK juga menyindir salah satu capres yang sering marah-marah saat debat capres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2023) silam.

"Jadi, harus hati-hati memilih pemimpin. Kita lihat kemarin malam saja di debat. Bagaimana kira-kira kalau dia berdebat dengan kepala negara lain, bisa ditonjok kepala negara lain," ujarnya.

KPU RI pada 13 November 2023 lalu telah menetapkan tiga bakal pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil undian tanggal 14 November, paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1. Sementara nomor urut 2 diisi paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Masa kampanye dimulai sejak 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024, empat hari sebelum pemungutan suara pada tanggal 14 Februari nanti.

Rekomendasi