Pemilik Akun TikTok @calonistri71600 yang Ancam Tembak Anies Ditangkap di Jawa Timur, Motif Masih Diselidiki

| 13 Jan 2024 15:05
Pemilik Akun TikTok @calonistri71600 yang Ancam Tembak Anies Ditangkap di Jawa Timur, Motif Masih Diselidiki
Calon Presiden (capres) nomor urut 01, Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan, polisi sudah menangkap pelaku berinisial AWK (23) yang mengancam menembak Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan.

AWK ditangkap di Jember, Jawa Timur sekitar pukul 09:30 WIB, setelah identitasnya berhasil diketahui oleh Siber Polda Jawa Timur.

"Pelaku yang telah mencuitkan di media sosial tentang pengancaman penembakan terhadap salah satu paslon sudah ditangkap tadi pagi," kata Sandi kepada wartawan di Jakarta,  Sabtu (13/1/2024).

"Pelakunya sudah ditangkap dengan inisial AWK, umur 23 tahun di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya, TKP-nya di Jember," imbuhnya.

Sandi menambahkan, AWK menggunakan akun TikTok dengan nama @calonistri71600 untuk menyebarkan ancamaan penembakan.

"Yang dilakukan oleh AWK dalam hal ini, dia menggunakan akun TikTok @calonistri71600. Ini yang telah menyampaikan cuitan masalah isu yang berkembang di media sosial," kata Sandi.

Terkait dengan motifnya, Sandi mengatakan hal itu masih didalami lagi, termasuk apakah tarafiliasi dengan paslon tertentu. AWK masih bersama Tim di daerah Jawa Timur untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan sementara, AWK hanya mengakui bahwa dia lah yang menyebarkan ancaman penembakan terhadap Anies melalui media sosial.

"Dia (AWK) sudah mengakui, pengakuannya sudah ada bahwa benar dia yang mencuitkan, dia yang punya akun tersebut. Namun lebih dalam, mohon waktu, saat ini tim tengah mendalami untuk motifnya," pungkasnya.

Rekomendasi