Kampanye di Ambon, Anies Ingin Jadikan Indonesia Timur Jadi Pusat Sektor Perikanan

| 15 Jan 2024 14:35
Kampanye di Ambon, Anies Ingin Jadikan Indonesia Timur Jadi Pusat Sektor Perikanan
Capres 2024, Anies Baswedan. (Dok. Timnas Amin)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan akan menjadikan wilayah Indonesia Timur sebagai pusat sektor perikanan apabila memenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan saat memulai kampanyenya di Ambon, Maluku, Senin (15/1/2024).

"Di sinilah salah satu tempat yang memiliki kekayaan alam, kekayaan sumber daya manusia yang potensinya luar biasa bila dikembangkan dengan baik Insya Allah masyarakat Maluku akan merasakan kemajuan, kemakmuran," ujar Anies dikutip dari keterangan tertulis.

Dia mengaku sudah mengantongi potensi kekayaan alam khususnya perikanan yang luar biasa besar di Maluku. Menurutnya potensi ini harus dikembangkan dengan regulasi yang tepat.

"Kita ingin kekayaan aqua culture yang luar biasa di sini bisa kita kembangkan, dan Ambon adalah salah satu hub (pusat) untuk pengembangan itu," kata Anies.

"Ini harus diiringi dengan regulasi yang memungkinkan berkembang lebih baik," imbuhnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menginginkan agar lebih banyak lagi kegiatan meningkatkan nilai tambah. Hal ini kata dia perlu dilakukan agar hasil perikanan itu tidak dikeluarkan ke luar dari Maluku dalam bentuk produk mentah.

"Tapi produk hasil olahan. Supaya penyerapan tenaga kerja terjadi,  peningkatan nilai tambah terjadi, dan harapannya kemakmuran akan lebih tinggi di kawasan ini," kata mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Rekomendasi