Pertama Kalinya, Debat Pilpres 2024 akan Dipandu Dua Moderator Perempuan

| 17 Jan 2024 20:30
Pertama Kalinya, Debat Pilpres 2024 akan Dipandu Dua Moderator Perempuan
Komisioner KPU RI August Mellaz menjawab pertanyaan wartawan selepas rapat koordinasi terakhir untuk penyelenggaraan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

ERA.id - Debat Keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) untuk pertama kalinya akan dipandu dua moderator perempuan, yaitu Retno Pinasti (SCTV) dan Zilvia Iskandar (Metro TV).

Dua moderator itu merupakan jurnalis usulan stasiun televisi yang ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai media penyelenggara debat keempat Pilpres 2024.

"Untuk kali ini debat keempat dua-duanya (moderator) perempuan," kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat ditemui selepas rapat final koordinasi penyelenggaraan debat keempat Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (17/1/2024) dikutip dari Antara.

Tiga stasiun TV telah ditunjuk KPU sebagai penyelenggara debat, yaitu SCTV, Indosiar, dan Metro TV. Sebelumnya, moderator debat pilpres umumnya berpasangan antara laki-laki dan perempuan.

August menjelaskan moderator yang tampil dalam acara debat merupakan mereka yang diyakini berkompeten dan menjadi andalan stasiun TV tempat mereka bekerja.

"Yang jelas sejak awal pertemuan kami dengan media penyelenggara dengan tim pasangan calon, media penyelenggara tentu berupaya mengajukan figur-figur yang sangat kompeten, sangat menguasai terkait dengan pelaksanaan debat untuk menjadi moderator," ujarnya.

Di lokasi yang sama, August memastikan tidak ada perubahan yang signifikan untuk teknis penyelenggaraan debat.

Walaupun demikian, berkaca pada debat-debat sebelumnya, ia menjelaskan ada beberapa tugas yang dibebankan kepada moderator, misalnya mengobservasi situasi debat dan tim pendukung sehingga agar tidak ricuh, menjaga ketertiban waktu berbicara peserta debat.

"Yang jelas kami sudah tegaskan nanti kalau sampai itu terjadi, tanpa harus ada kode tertentu, pihak media penyelenggara akan langsung menghentikan timer agar tidak menyita (waktu), dan kemudian moderator tentu harus menyampaikan ini waktunya pasangan calon yang mana. Itu kami tegaskan," kata Komisioner KPU itu.

Debat keempat KPU akan mengadu gagasan tiga calon wakil presiden (cawapres), yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud Md. (cawapres nomor urut 3).

Tema debat nanti akan mengangkat isu-isu antara lain sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi, dan agraria.

Rekomendasi