Ibu-ibu Tanya Cara Cegah Stunting, Ganjar Jawab Jangan Kawin Muda

| 18 Jan 2024 14:46
Ibu-ibu Tanya Cara Cegah Stunting, Ganjar Jawab Jangan Kawin Muda
Capres Ganjar Pranowo saat kampanye di Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim),. (Sachril/ERA)

ERA.id - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menyampaikan salah satu cara mencegah stunting ialah dengan tidak menikah muda.

Ganjar menyampaikan hal tersebut ketika menemui sejumlah elemen masyarakat di Museum Roemah Voorzitter van Het BPUPKI Dr KRT Radjiman Widiyodiningrat, Kauman, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim), Kamis (18/1/2024).

Awalnya, seorang ibu-ibu bertanya apakah pemerintah memiliki anggaran untuk memperbaiki jalan. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menjelaskan anggaran itu dimiliki pemerintah baik di tingkat desa, kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat.

Warga lainnya, Warsini yang juga kader posyandu lalu bertanya bagaimana cara mencegah stunting ke capres nomor urut tiga ini. Ganjar pun menjawab satu di antara caranya dengan tidak menikah muda.

"Untuk kemarin kami juga mengadakan bantu lokal bapak selama 90 hari. Setelah itu kami juga mendata penyebab dari balita stunting tersebut, ternyata dari ibu hamil yang kebetulan," kata Warsini.

"Terima kasih, Bu. Apa yang mesti dilakukan? Jangan kawin muda. Iya toh," jawab Ganjar yang disambut gelak tawa dari warga.

Ganjar menambahkan seorang anak akan sehat bila ayah dan ibunya tidak menikah muda. Sebelum menikah, calon pria maupun wanita harus memeriksakan kesehatannya.

Usai menikah dan istri hamil, maka wajib untuk calon ibu memeriksakan kesehatannya. Ibu hamil wajib memperhatikan gizinya agar sang anak lahir dan tumbuh dengan sehat.

"Begitu bayi lahir, ceprot, sehat, susoni pakai asi murni. Asinya eksklusif," ucap Ganjar.

Rekomendasi