Tema Debat Soal Lingkungan, Ganjar-Mahfud Pakai Baju ala Pecinta Alam

| 21 Jan 2024 19:12
Tema Debat Soal Lingkungan, Ganjar-Mahfud Pakai Baju ala Pecinta Alam
Ganjar dan Mahfud pakai baju ala pecinta alam saat debat cawapres 2024. (tangkap layar Youtube KPU).

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tampil dengan kostum ala pecinta alam saat menghadiri debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Adapun debat keempat Pilpres 2024 ini hanya diikuti oleh tiga cawapres, dan mengangkat tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Keduanya terlihat mengenakan kemeja lengan panjang warna hijau lengkap dengan scraft berwarna cream, dan di bagian dada kiri bertuliskan slogan Sat Set dan Nomor 3 di dada kanan.

Mahfud mengatakan, kostum tersebut merupakan apresiasi atas tema debat hari ini yang meliputi pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

“Ini kalau anak pencinta alam pasti tahu, pakaian seperti ini biasa dipakai untuk naik gunung,” ujarnya di Posko Relawan Mahfud, Menteng, Jakarta, Minggu (21/1).

Ya kan tema malam ini lingkungan, jadi cocok,” imbuh Mahfud sambil bergegas menuju lokasi debat di JCC.

Sebagai informasi, kostum yang dikenakan Ganjar-Mahfud merupakan karya lokal yang dirancang Sukkhacitta.

Seluruh  produk SukkhaCitta dibuat menggunakan tanaman yang ditanam secara regeneratif dan limbah pertanian, serta diwarnai dengan perwana alami.

Selain itu, 100 persen produk Sukkha Citta merupakan buatan tangan (handmade) yang  melibatkan perajin perempuan, terutama ibu-ibu di desa, bukan di pabrik.

Paslon nomor urut 3 kerap tampil dengan berbagai macam kostum yang disesuaikan dengan tema debat Pilpres 2024. Pada debat ketiga misalnya, Ganjar-Mahfud membuat kejutan saat tampil dengan jaket bomber a’la “Top Gun” pada debat ketiga yang mengangkat tema Pertahanan dan Keamanan. 

Rekomendasi