Gibran Janjikan Lima Juta Lapangan Pekerjaan Green Jobs, Sebut Jadi Tren Pekerjaan Kini dan Masa Depan

| 21 Jan 2024 19:50
Gibran Janjikan Lima Juta Lapangan Pekerjaan Green Jobs, Sebut Jadi Tren Pekerjaan Kini dan Masa Depan
Gibran Rakabuming Raka (Bambang/VOI)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming menilai program hilirisasi perlu diperluas. Tak hanya di bidang tambang, tapi juga di bidang pertanian, maritim hingga digital.

"Kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah. Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, kita akan dorong transisi menuju energi hijau sepeti bioavtur, biodiesel dan bioetanol," katanya dalam debat Cawapres di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Menurutnya, potensi energi baru dan terbarukan Indonesia juga luar biasa. Diantaranya energi surya, angin, hingga panas bumi. Sehingga kerjasama pentahelix wajib didorong.

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa kita kawal, Insya Allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan. Lima juta diantaranya adalah Green Jobs," kata Gibran.

Ia menjelaskan Green Jobs merupakan peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green Jobs juga menjadi tren pekerjaan masa kini dan masa depan.

"Untuk mendorong kesejahteraan petani, akan kita dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah," katanya.

Rekomendasi