Gibran: Food Estate Memang Ada yang Gagal tapi Ada yang Sudah Panen

| 21 Jan 2024 23:00
Gibran: Food Estate Memang Ada yang Gagal tapi Ada yang Sudah Panen
Cawapres, Gibran Rakabuming Raka. (tangkap layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, bahwa program food etstate yang digagas oleh pemerintah saat ini ada yang gagal dan ada juga yang berhasil. 

"Nomor satu dan tiga kan kompak (sebut) food estate gagal. Saya tegaskan sekali lagi memang ada yang gagal tapi ada yang berhasil yang sudah panen di Gunung Mas Kalteng, itu sudah panen jagung, singkong," kata Gibran saat debat cawapres di JCC Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Gibran lantas meminta kepada kedua lawan kandidatnya Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar agar tidak menakuti warga dengan narasi yang tidak baik. 

"Intinya warga jangan diberikan narasi menakutkan. Bapak-bapak ini calon pemimpin," ujarna. 

Dalam kesemoatan itu, Muhaimin Iskandar menyinggung program food estate yang gagal dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (22/1/2024), dan bertekad akan menghentikannya.

Dalam penyampaian visi-misi dan program kerjanya, pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengaku prihatin dengan pengadaan pangan nasional melalui program food estate.

"Kita sangat prihatin upaya pengadaan pangan nasional dilakukan melalui food estate. Food estate terbukti mengabaikan petani kita, meninggalkan masyarakat adat kita, menghasilkan konflik agraria, dan bahkan merusak lingkungan. Ini harus dihentikan," ujar Cak Imin.

Begitu juga Mahfud MD menyindir langsung terkait program food estate yang dianggap gagal dan merusak lingkungan. 

"Kami punya program, petani bangga bertani, di laut jaya nelayan sejahtera. Jangan seperti food estate yang gagal merusak lingkungan, yang bener aja, rugi dong kita," kata Mahfud MD. 

Rekomendasi