Cawapres Gibran Janjikan Beasiswa KIP Untuk Anak-anak Buruh

| 28 Jan 2024 21:36
Cawapres Gibran Janjikan Beasiswa KIP Untuk Anak-anak Buruh
Gibran saat pidato di hari ulang tahun (HUT) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) yang digelar di Gelora Delta Sidoarjo, pada Minggu (28/1/2024). (Puan/ERA)

ERA.id - Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan janjinya untuk memberi beasiswa untuk anak-anak pekerja buruh.

Gibran mengungkapkan janjinya tersebut akan diwujudkan apabila dirinya bersama Capres nomor urut dua Prabowo Subianto menang Pilpres 2024.

“Nanti yang namanya KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa, nanti akan coba kami prioritaskan untuk anak-anak serikat pekerja," kata Gibran, dalam pidatonya di hari ulang tahun (HUT) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) yang digelar di Gelora Delta Sidoarjo, pada Minggu (28/1/2024).

Putra sulung Presiden Jokowi itu menyampaikan bahwa paslon dua juga tak hanya memberika beasiswa. Tetapi, dirinya bakal menyekolahkan anak buruh hingg sarjana.

"Kalau bisa nanti S (sarjana) 1 semua. Gitu nggih (ya)," ujarnya.

Lebih lanjut Wali Kota Solo itu juga berjanji menjamin dan memperhatikan kesejahteraan kaum buruh. Seperti beberapa masalah yang bakal menjadi atensi di antaranya seperti, masalah upah rendah, keselamatan.

"Jadi sekali lagi masalah upah, masalah pesangon, masalah keselamatan kerja, masalah pendidikan anak , nanti berikan atensi khusus," ucapnya.

Ia pun menyebut program-program yang sudah dijalankan oleh ayahnya atau Presiden Jokowi untuk melanjutkan jika terpilih Pilpres 2024.

"Program-progam seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat), BPJS, PKH, nanti akan kami lanjutkan. Akan kami review ulang biar data basenya lebih terupdate dan lebih tepat sasaran," ungkapnya.

Lebih lanjut, Gibran Rakabuming Raka menjanjikan bakal melanjutkan program Presiden Jokowi untuk mensejahterkan pekerja buruh jika terpilih dan memenangkan Pilpres 2024.

Gibran pun menyampaikan beberapa poin janji program untuk para serikat buruh.

"Kami ingin menyampaikan beberapa poin, yang berkaitan dengan keluarga besar serikat pekerja," kata Gibran. 

Salah satunya, Wali Kota Solo itu menyampaikan proses pembangunan industri di Indonesia hingga sekarang masih terus berjalan. Menurutnya, hal itu tharus diimbangi dengan kemajuan para pekerja.

"Bapak ibu, di tengah pembangunan yang masih industrialisasi, kita ingin juga para pekerja, buruh, ikut maju juga," ujarnya.

Oleh karenanya, Putra sulung Jokowi itu menjamin akan memperhatikan kesejahteraan kaum buruh. Beberapa masalah yang bakal menjadi atensi di antaranya seperti, masalah upah rendah, keselamatan.

"Jadi sekali lagi masalah upah, masalah pesangon, masalah keselamatan kerja, masalah pendidikan anak , nanti berikan atensi khusus," ucapnya.

"Program-progam seperti KIS (Kartu Indonesia Sehat), BPJS, PKH, nanti akan kami lanjutkan. Akan kami review ulang biar data basenya lebih terupdate dan lebih tepat sasaran," tambahnya.

Lebih lanjut, ia berharap tidak akan ada lagi para pekerja yang merasa terpinggirkan. Dia berjanji semua buruh akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Sehingga tidak ada lagi yang merasa tersisihkan, tidak pernah dapat bantuan ataupun pilih kasih. Gitu nggih (ya)," pungkasnya.

Rekomendasi