Kaesang Berharap Presiden Jokowi Ikut Kampanye PSI: Siapa Tahu Mau Cuti

| 30 Jan 2024 22:45
Kaesang Berharap Presiden Jokowi Ikut Kampanye PSI: Siapa Tahu Mau Cuti
"Kampanye Akbar Mawar Melawan" di Pontianak, Selasa (30/1/2024). ANTARA/Aditya Ramadhan

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berharap ayahnya, Presiden RI  Joko Widodo bisa ikut kampanye PSI.

"Insyaallah, kalau diberi kesempatan, kalau ada waktu, kami akan sangat terbuka," kata Kaesang usai kampanye akbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (30/1/2024), menanggapi pertanyaan awak media terkait dengan kemungkinan Presiden Jokowi turut kampanye PSI.

Kaesang juga bersyukur bahwa Presiden Jokowi telah memberikan dukungannya terhadap PSI. Dukungan Presiden tersebut disampaikan sendiri oleh Kaesang usai dirinya bertemu dengan ayahnya di Yogyakarta, Sabtu (27/1/2024).

Waktu itu, Presiden Jokowi juga menyempatkan bermain sepak bola dengan anaknya di lapangan sepak bola Gamplong, Desa Gamplong, Kabupaten Sleman, DIY.

Kaesang juga menanggapi pernyataan Presiden yang mengatakan bahwa anak bungsunya tersebut bolak-balik mengajak kampanye PSI.

"Balik lagi ya, masalah waktu aja, kan beliau waktunya sibuk ya. Siapa tahu nanti mau cuti untuk kampanye, siapa tahu," kata Kaesang dikutip dari Antara.

Namun, ia menegaskan bahwa pihaknya belum mendapatkan kepastian dari Presiden terkait dengan kesediaannya untuk ikut kampanye bersama.

"La itu, belum tahu," katanya.

Pada kampanye akbar di Pontianak, Kaesang turut didampingi oleh Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Kaesang akan menjalani rangkaian kampanye akbar di sejumlah kota mulai Selasa hingga Kamis (1/2/2024), yaitu di Pontianak, Manado, Kupang, Malang, dan Kertajati.

PSI diketahui menjadi satu di antara 18 partai politik nasional peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sesuai keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Selain PSI, Pemilu 2024 diikuti oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pemilu anggota legislatif, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi