Mahfud MD Akan Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi

| 31 Jan 2024 14:38
Mahfud MD Akan Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi
Mahfud MD mundur sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). (Antara)

ERA.id - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD berharap surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) bisa diberikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (1/2/2024) besok.

"Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis. Saya juga baru akan pulang ke Jakarta Kamis. Mudah-mudahan secepat kami tiba di Jakarta, secepat pula kami bisa bertemu," kata Mahfud saat konferensi pers di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Rabu (31/1/2024).

Cawapres Ganjar Pranowo ini menyebut dirinya diangkat menjadi Menkopolhukam dengan penuh kehormatan dan kepercayaan. Dia berharap kinerjanya sebagai Menkopolhukam selama 4,5 tahun dapat diterima baik oleh Jokowi dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya tidak akan tinggal glanggang colong playu. Saya akan pamit baik-baik," tambahnya.

Sebelumnya, Mahfud MD dikabarkan menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno pada Senin (29/1).

Kabar tersebut dikonfirmasi Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Menurutnya, Mahfud menemui Pratikno untuk meminta izin bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Malam hari, Senin, tanggal 29 Januari 2024, pukul 19:15 WIB, Menko Polhukam Mahfud MD bertemu Mensesneg. Pak Mahfud menyampaikan permohonan kepada Pak Presiden untuk dapat diterima menghadap beliau," kata Ari kepada wartawan, Selasa (30/1).

Dalam pertemuan itu, Pratikno menyampaikan Presiden Jokowi belum bisa ditemui karena sedang ada kunjungan kerja ke sejumlah daerah. Kepala Negara dijadwalkan kembali ke Jakarta pada 1 Februari 2024.

Ari menyebut Pratikno berjanji akan langsung menginfokan permintaan Mahfud untuk bertemu setibanya Jokowi di Jakarta.

"Pak Mensesneg akan melaporkan permohonan Pak Menko Polhukam kepada presiden pada kesempatan yang sama," kata Ari.

Rekomendasi