Blusukan ke Pasar di Palembang, Ganjar Bakal Bawa Keluhan Pedagang Jadi Bahan Debat Capres

| 02 Feb 2024 16:23
Blusukan ke Pasar di Palembang, Ganjar Bakal Bawa Keluhan Pedagang Jadi Bahan Debat Capres
Ganjar Pranowo (Gabriella Theas/ ERA)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Palimo dan Pasar 16 Ilir di sela-sela kampanyenya di Palembang, Sumatera Selatan.

Dia tak menampik kunjungannya ke pasar-pasar bakal menjadi bahan untuk disampaikan saat debat kelima Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Minggu (4/2). Sebab, forum debat bukan sekedar panggung adu gagasan tanpa melihat fakta di lapangan.

"Oh pasti, pasti (jadi bahan untuk debat capres). Ketika kita berdebat itu enggak bisa kita hanya bicara konsep tanpa melihat fakta yang ada di lapangan," kata Ganjar saat ditemui di Pasar 16 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (2/1/2024).

Dia lantas mencontohkan keluhan para peternak ayam petelur terkait tingginya harga jagung namun kualitasnya rendah. Sementara program panen jagung gagal dan adanya larangan impor.

Tingginya harga pakan ternak ayam itu juga tak sebanding dengan harga jual telur yang dihasilkan. Seharusnya

"Padahal harga di pasar dari telur, dari itu ternyata bisa naik. Artinya apa? Rugilah di pedagang, rugilah di peternak. nah ini yang musti kita bela, para peternak yang cukup banyak jumlahnya," kata Ganjar.

Padahal menurutnya, pemerintah bisa saja mengintervensi dengan cara membeli telur dalam jumlah besar untuk program peningkatan gizi, khususnya untuk ibu hamil. Dengan begitu, harga di pasaran pun menjadi stabil.

"Nah ini sebuah konsepsi dari fakta-fakta yang terkonfirmasi di lapangan untuk kita perbaiki. Maka kami sering dapat masukan dari masyarakat, itu ada contohnya, itu data dan faktanya," kata Ganjar.

Selain itu, dalam debat terakhir nanti, dia juga bakal menyoroti masalah pendidikan. Menurutnya, pendidikan tidak hanya sekedar meningkatkan kemampuan, tetapi juga untuk membentuk karakter.

"Kita juga akan bicara pendidikan, kesejahteraan rakyat, tenaga kerja, teknologi informasi, termasuk kebudayaan," katanya.

"Bicara pendidikan termasuk kebudayaan nanti kita bicara tidak hanya skill, kita tidak bicara hanya mencetak utang. Tapi mencetak anak berkarakter, berbudi pekerti luhur, termasuk perempuan dan disabilitas," imbuh Ganjar.

Sebagai informasi, KPU RI bakal menggelar debat kelima Pilpres 2024 pada Minggu (4/1) mendatang.

Debat terakhir itu mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Dalam debat terakhir itu hanya diikuti oleh tiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Rekomendasi