Debat Capres Terakhir, Ganjar Sebut Kritik Kampus ke Pemerintah Harus Jadi Catatan Bersama

| 04 Feb 2024 20:35
Debat Capres Terakhir, Ganjar Sebut Kritik Kampus ke Pemerintah Harus Jadi Catatan Bersama
Capres Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung kritik para tokoh, seniman, budayawan, dan civitas akademika terhadap pemerintah baru-baru ini terkait suasana demokrasi di Indonesia dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024. Menurutnya, hal tersebut harus menjadi catatan kita bersama.

"Tentu saja keresahan yang muncul, baik dari Gus Mus, Muhammadiyah, Romo Frans Magniz, Goenawan Mohamad, dan kampus-kampus mesti menjadi catatan kita bersama. Bahwa kita dalam konteks ber-Indonesia, berbudaya, semua harus dalam koridor yang baik," ungkap Ganjar di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam.

Ganjar menceritakan ia banyak mendengar keluh-kesah masyarakat selama tidur di rumah-rumah mereka. Keresahan masyarakat ternyata sama dengan yang disuarakan oleh para tokoh sebelumnya.

"Kenapa ini mesti kita lakukan? Karena itu suara-suara rakyat yang kami dengarkan oleh Ganjar-Mahfud ketika kami tidur di rumah penduduk, ketika kami mendengarkan mereka, dan mereka membuka seluruh unek-uneknya," ujar Ganjar.

"Itulah kenapa kami sampaikan: Tuanku adalah rakyat, jabatan ini hanya mandat," lanjutnya.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024. Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.

Rekomendasi