Gibran Dituding Taku Ikut Debat Pilpres 2024, Ganjar: Fitnah itu, Dia Siap Debat

| 06 Dec 2023 21:13
Gibran Dituding Taku Ikut Debat Pilpres 2024, Ganjar: Fitnah itu, Dia Siap Debat
Capres Ganjar Prabowo. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo membantah tudingan publik terhadap Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabing Raka takut menghadapi debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurutnya, Gibran sangat siap mengikuti debat yang akan diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Beliau siap debat gitu ya. Jadi agak fitnah itu yang mengatakan kalau beliau tidak siap debat," kata Ganjar di sela-sela kampanye di Kutai Kartanegara, Rabu (6/12/2023).

Dia lantas mencontohkan cerita Gibran saat berkampanye di Pondok Pesantren Assshiddiqiyah, Tangerang pada Senin (4/12). Saat itu, Wali Kota Solo itu mengkritik fasilitas SMKN di Jawa Tengah yang sudah kurang memadai untuk kegiatan belajar megajar.

Dia bahkan sampai membentuk konsorsium dengan mengajak beberapa perusahaan besar seperti Sinar Mas untuk pengadaan fasilitas yang dipakai di pabrik dapat dipakai juga di SMK. Adapun kritikan Gibran tersebut ditujukan kepada Ganjar yang saat itu menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Menjawab kritikan itu, Ganjar mengatakan bahwa dengan fasilitas jadul, SMK di Jateng bisa menghasilkan SDM siap pakai. Meski demikian, Ganjar mengapresiasi langkah Gibran untuk meningkatkan fasilitas SMK di Jateng.

"Jadul aja bisa menghasilkan tenaga kerja siap pakai ya, apalagi modern. Saya senang karena beliau memberikan catatan, jadi ini sangat bagus untuk (masukan) saya," kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan, ketika konsorsium yang disebut Gibran dibentuk, dia pun ikut terlibat menyusun kebutuhan SMK di Jateng yang dapat dibantu atau difasilitasi oleh perusahaan.

Ganjar mengatakan, kebijakan untuk meningkatkan fasilitas pendidikan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa memandang kewenangan, apakah ranahnya gubernur atau walikota.

"Saya bersama Mas Gibran bareng untuk menyusun itu dan beliau itu orang yang sangat kreatif. Beliau itu punya banyak kreatifitas, dan tentu bisa membantu siapapun tanpa harus melihat kewenangan," ungkap Ganjar.

Berkaca dari hal tersebut, Ganjar pun menilai catatan yang disampaikan Gibran mengenai fasilitas SMK Jateng yang jadul, mengindikasikan bahwa Gibran siap melakukan debat capres-cawapres.

"Catatan beliau ini sangat bagus untuk saya. Beliau siap (debat), punya catatan," pungkas Ganjar.

Rekomendasi