Prabowo Puji Gagasan Anies Soal Kesejahteraan Guru: Baik, Bagus, Relevan

| 04 Feb 2024 21:25
Prabowo Puji Gagasan Anies Soal Kesejahteraan Guru: Baik, Bagus, Relevan
Capres Prabowo Subianto. (Tangkapan layar Youtube KPU)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto sepakat dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan soal upayanya mewujudkan kesejahteraan guru dan dosen. Prabowo memuji Anies punya gagasan yang baik, bagus, dan relevan dalam Debat Kelima Capres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam.

"Secara garis besar, objektif, saya menilai jawaban-jawaban Pak Anies baik, bagus, relevan. Saya banyak setuju dengan jawaban tersebut," ungkap Prabowo. "Maklum, beliau mantan Menteri Pendidikan."

Sebelumnya, Anies menjelaskan beberapa persoalan yang dialami guru dan dosen selama ini, mulai dari ratusan ribu guru honorer yang belum diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK); minimnya fasilitas pendidikan; hingga beban administrasi yang berat.

Jika terpilih sebagai presiden, mantan Menteri Pendidikan itu berjanji akan mempercepat sertifikasi guru, mengangkat 700 ribu guru honorer menjadi PPPK, memberi beasiswa untuk anak guru dan dosen, memberi penghargaan dan tunjangan bagi dosen dan peneliti berbasis kinerja, hingga mengurangi beban administrasi pendidik.

"Itu semua bisa diselesaikan dengan prinsip tadi, bahwa kita harus bertanggung jawab atas kesejahteraan pendidiknya," tegas Anies.

Tema debat terakhir kali ini membahas soal kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Sebelumnya, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024. Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.

Rekomendasi