Jelang Imlek 2024, Vihara Tertua di Jakarta Masih Sepi Pengunjung

| 08 Feb 2024 22:14
Jelang Imlek 2024, Vihara Tertua di Jakarta Masih Sepi Pengunjung
Seorang wanita berdoa di Vihara Dharma Bakti, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, pada Jumat (8/2/2024). ANTARA/Risky Syukur.

ERA.id - Vihara tertua di Jakarta, Vihara Dharma Bakti di Jalan Kemanggisan III, RT 03/01, Glodok, Jakarta Barat, masih sepi pengunjung menjelang Tahun Baru Imlek 2575 pada 10 Februari 2024.

Pengurus Vihara, Ayn (45) mengatakan bahwa dibandingkan Imlek tahun lalu, pengunjung Vihara terbilang sepi tahun ini.

"Dibanding tahun lalu, sekarang (jelang Tahun Baru Imlek) sepi orang sembahyang, pengunjung juga," kata Ayn kepada Antara.

Ayn mengatakan bahwa menjelang Imlek tahun sebelumnya, umat Buddha yang datang beribadah bisa mencapai 500 orang, sementara pada tahun ini hanya sekitar 100 orang.

"Kalau yang sembahyang jelang Imlek tahun-tahun sebelumnya itu bisa 500an orang, sekarang hanya 100-an orang," ujar Ayn.

Selain itu, lilin berukuran raksasa yang biasanya disiapkan hingga 50 batang, kini hanya ada sekitar 30 batang. "Biasanya banyak, sampai 50 batang gitu. Sekarang cuma 30-an batang," kata Ayn.

"Mungkin besok sama lusa itu ramai. Kan itu perayaannya (Imlek)," lanjutnya.

Di lokasi vihara yang dibangun pada 1650 M tersebut, tampak beberapa pengunjung melakukan ibadah di salah satu Dhammasala, yakni tempat kebaktian umat yang bisa dimasuki masyarakat umum.

Sebagian membakar garu atau semacam lidi yang digunakan untuk ibadah. Kebanyakan dari mereka adalah kaum lansia.

Di luar Dhammasala, beberapa orang melakukan persembahan kepada leluhur berupa sejumlah makanan dan melakukan pembakaran kardus-kardus berisi baju, celana, uang, dan beberapa barang lainnya.

Sejumlah pengunjung juga duduk di lorong vihara. Menurut Ayn, mereka menunggu angpao dari pengunjung.

"Mereka duduk nunggu angpao. Mereka enggak ganggu," kata Ayn.

Rekomendasi