4 Destinasi Wisata Sejarah Khas Pecinan di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek

| 12 Feb 2021 08:09
4 Destinasi Wisata Sejarah Khas Pecinan di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Imlek
Pantjoran Tea House. (Foto: Pantjoranteahouse.com)

ERA.id - Selain berkumpul bersama keluarga, menjelajahi tempat wisata bersejarah saat Tahun Baru Imlek bisa menjadi pilihan. Namun, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar di masa pandemi COVID-19 ini. 

Untuk di Jakarta sendiri, ada sejumlah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat Imlek tiba. Salah satunya adalah kawasan pecinan, yang dahulu dijadikan tempat masyarakat pendatang dari Tiongkok bermukim.

Tentunya hampir semua wisata pecinan di Jakarta selalu menawarkan pemandangan visual yang khas ala Negeri Tirai Bambu, di samping sejarah dan ritual keagamaan yang kental.

Tertarik untuk menjelajah kawasan wisata pecinan di Jakarta? Berikut daftar tempat wisata khas pecinan, yang berhasil dirangkum ERA.id dari berbagai sumber.

1. Vihara Dharma Bhakti

Vihara Dharma Bhakti atau biasa disebut dengan Kim Tek Le merupakan salah satu klenteng tertua di Jakarta. Vihara ini dibangun pada tahun 1650, oleh seorang Letnan Tionghoa yang bernama Kwee Heon. Vihara ini biasa dijadikan sebagai tempat untuk perayaan hari-hari besar masyarakat Tionghoa, mulai dari festival Cioko hingga perayaan Imlek.

Untuk tahun ini, perayaan Imlek di vihara ini dibatasi pengunjungnya dikarenakan pandemi COVID-19. Vihara Dharma Bhakti terletak di Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan No.19, Glodok, Jakarta Barat.

Vihara Dharma Bhakti. (Foto: Commons Wikimedia)

 

2. Pasar Petak Sembilan

Daerah Petak Sembilan memang terkenal dengan kawasan tempat masyarakat Tionghoa bermukim. Tak seperti pasar pada umumnya, pada pasar ini kamu akan menjumpai berbagai produk khas negeri tirai bambu. 

Jadi, untuk kamu yang ingin memborong banyak produk khas Tiongkok, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk kamu kunjungi. Adapun produk - produk yang dijual di pasar Petak Sembilan, mulai dari makanan ringan, obat-obatan tradisional, bahan masakan, hingga dekorasi ataupun buah tangan khas Tiongkok.

Suasana di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (9/2). (Angga/ERA.id)

 

3. Pantjoran Tea House

Kebudayaan masyarakat Tionghoa memang tak bisa dilepaskan dengan kebiasaan meminum teh. Jika kamu ingin menikmat secangkir teh dengan suasana khas Tiongkok yang kental, Pantjoran Tea House merupakan tempat yang bisa kamu kunjungi. 

Pantjoran Tea House berada di daerah Glodok, Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Pancoran No. 4-6.

Pada bangunan yang terdiri dari dua lantai dengan desain yang unik ini, kamu bisa menikmati berbagai jenis teh. Mulai dari teh khas Tiongkok, Jepang, hingga teh khas Indonesia sendiri. Untuk makanannya terdapat seafood dan makanan khas China lainnya.

Pantjoran Tea House. (Foto: Pantjoranteahouse.com)

 

4. Gereja Santa Maria de Fatima

Meski merupakan tempat ibadah untuk umat Katolik, gereja Santa Maria de Fatima sangat kental dengan nuansa Tiongkok. Hal ini dikarenakan gereja Santa Maria de Fatima dibangun dengan arsitektur meniru kuil-kuil di China.

Dengan bangunan gereja mengikuti khas bangunan ala Tiongkok, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi untuk perayaan Imlek. Terlebih di gereja ini juga terdapat jam ibadah yang khusus menggunakan bahasa Mandarin. 

Gereja ini terletak di Jalan Kemenangan III No.47, Glodok, Jakarta Barat.

Gereja Santa Maria de Fatima. (Foto: Flickr)

 

Itulah beberapa tempat wisata khas pecinan di Jakarta yang wajib untuk dikunjungi saat perayaan Imlek. Semua tempatnya yang masih berdekatan akan memudahkan kamu untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di atas. 

Jadi, yang mana dulu nih yang mau kamu kunjungi?

Rekomendasi