5.111 Personel Keamanan Siap Dikerahkan Kawal Kampanye Akbar Prabowo dan Anies

| 09 Feb 2024 13:05
5.111 Personel Keamanan Siap Dikerahkan Kawal Kampanye Akbar Prabowo dan Anies
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. (Dok. Istimewa)

ERA.id - Sebanyak 5.111 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kampanye akbar calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan capres nomor urut 1 Anies Baswedan di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (10/2/2024) besok.

"Jumlah personel pengamanan di JIS 2.356 orang. Jumlah personel pengamanan di GBK 2.755 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Jumat (9/2/2024).

Personel gabungan ini berasal dari Polda Metro Jaya dan polres jajaran, Kodam Jaya, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Dinkes.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meminta maaf kepada warga Tionghoa di Jakarta karena akan melangsungkan kampanye akbar bertepatan dengan Imlek 2024, yaitu pada Sabtu besok di GBK.

“Kami ingin menyampaikan permohonan maaf yang setulus-tulusnya kepada warga Jakarta dan sekitarnya lebih-lebih kepada warga keturunan Tionghoa yang kebetulan pada hari itu adalah hari Sincia atau hari perayaan tahun baru Imlek,” kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis (8/2/2024), dikutip dari Antara.

Nusron lalu mengklaim setengah juta atau 500.000 orang telah mendaftar untuk hadir pada kampanye akbar. Kampanye direncanakan berlangsung pukul 14.00–18.00 WIB, tetapi pintu masuk sudah dibuka mulai pukul 12.30 WIB.

Sementara itu, Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) mengatakan sekitar 15 juta orang sudah mengakses tiket kampanye akbar pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Sampai pagi ini sudah 15 juta (akses tiket kampanye akbar). Itu menunjukkan apa? Animo masyarakat ini pengen hadir di JIS," kata Kapten Timnas AMIN, Muhammad Syaugi Alaydrus, Kamis.

Syaugi mengungkapkan, JIS memiliki kapasitas untuk menampung sebanyak 92 ribu orang. Rinciannya, yakni 82 ribu tempat duduk di tribun, dan 10 ribu orang di area lapangan yang sudah dilapisi penutup rumput untuk mencegah kerusakan.

Dia menyebut, jika kapasitas tersebut telah terpenuhi, maka pihaknya akan menutup pintu masuk lapangan JIS. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan publik yang hadir.

Rekomendasi