Tinjau Langsung Pencoblosan di Malaysia, Ketua KPU: Partisipasi Pemilih Tinggi dan Tertib

| 13 Feb 2024 06:02
Tinjau Langsung Pencoblosan di Malaysia, Ketua KPU: Partisipasi Pemilih Tinggi dan Tertib
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari. (Flori Anastasia/ERA)

ERA.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari mengatakan, dirinya memantau langsung pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (11/2/2024). Ia mengeklaim, antusiasme masyarakat sangat tinggi serta kegiatan tersebut berjalan lancar dan tertib.

"Lancar, tertib, bahkan di Kuala Lumpur yang pemilihnya tinggi, alhamdulillah tertib," kata Hasyim kepada wartawan, Senin (12/2/2024).

"Memang ramai. Sampai akhir ramai, banyak yang teriak karena gembira. Saya menyaksikan semuanya gembira. Menunggu kesempatan untuk bisa masuk ke lokasi TPS," sambungnya.

Hasyim mengakui bahwa tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) yang berlokasi di World Trade Center (WTC), Kuala Lumpur, Malaysia dipadati oleh pemilih. Namun, dia memastikan, seluruh WNI yang terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih khusus (DPK), daftar pemilih tambahan (DPTB) dapat menggunakan hak suaranya.

"Sepanjang yang saya ketahui, pemilih ramai datang di bagian awal, jam 10 keatas, jam 11 mulai longgar. Bahkan teman-teman petugas di sana, memberikan kesempatan pemilih perempuan yang bawa anak, karena meninggalkan rumah juga harus membawa anak. Dilayani semua," ungkap Hasyim.

Selain itu, dia mengatakan, meski pemilih yang datang membludak, tapi tidak ada terjadi kekurangan surat suara. 

"Alhamdulillah enggak ada. Kalau enggak ada kekurangan berarti yang hadir tidak full," jelas dia.

Hasyim menambahkan, dia belum mengetahui soal jumlah pemilih yang hadir dalam pencoblosan di Malaysia.

"Saya belum ngecek. Soalnya baru bisa dicek setelah penghitungan suara selesai, DPT yang hadir berapa, pemilih DPTB yang hadir berapa, saya belum bisa konfirmasi," ujar dia.

Rekomendasi