Sebelum Coblosan, Ganjar Singgung Film Dirty Vote: Semoga Hari ini Kembali ke Jalan yang Benar

| 14 Feb 2024 09:37
Sebelum Coblosan, Ganjar Singgung Film Dirty Vote: Semoga Hari ini Kembali ke Jalan yang Benar
Ganjar Pranowo menuju TPS. (ERA/Gabriella)

ERA.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung soal film dokumenter "Dirty Vote" sebelum mencoblos. Dia berharap proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan jujur dan adil tanpa kecurangan.

"Semua berharap pemilu bersih. Jadi kegelisahan atau kegundahan civil society, tokoh agama, para ilmuwan kemarin ada yang sempat membikin film Dirty Vote, dan tentu saja catatan yang muncul di masyarakat mudah-mudahan itu cukup sudah untuk hari ini," kata Ganjar di kediamannya, Kalasan Residence, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (14/2/2024).

Dia juga berpesan agar petugas dan saksi harus menjaga tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. Jangan sampai terjadi kecurangan berikutnya apalagi setelah pencoblosan dilakukan.

"Hari ini betul-betul semua kembali ke jalan yang benar, memberikan ruang yang seterbuka, sebebas-bebasnya, sejujur, dan seadil-adilnya. Sehingga masyarakat akan mendapatkan kualitas demokrasi dan pemilu yang baik yang diharapkan lebih substantif,” tegasnya.

Sebelumnya, dokumenter berjudul "Dirty Vote" disutradarai oleh Dandhy Dwi Laksono rilis pada 11 Februari. Dalam siaran tertulisnya, ia menyampaikan film tersebut merupakan bentuk edukasi untuk masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

Film tersebut menjadi kontroversi. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menuding peluncuran dokumenter itu fitnah untuk menjatuhkan jagoannya.

Rekomendasi